loading...
Home » » UUCK Pertegas Keberpihakan Pemerintah Kepada Masyarakat

UUCK Pertegas Keberpihakan Pemerintah Kepada Masyarakat

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-07-03

KLHK termasuk kementerian yang berada di garda terdepan dalam pemulihan ekonomi nasional
Jakarta (WartaMerdeka) – “UUCK ini juga memberikan penegasan nyata akan kebijakan pemerintah yang berpihak kepada masyarakat, baik dalam alokasi penggunaan dan pemanfaatan hutan. Demikian pula dalam hal akses pemanfaatan kemantapan  perhutanan sosial dengan land holding yang jelas, juga dalam penataan kawasan dan dispute kawasan. Serta kebijakan yang menjamin bagi rakyat serta memberikan jalan untuk penyelesaian masalah hutan adat, termasuk perubahan-perubahan dalam sistem pengelolaan hutan,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan/LHK Siti Nurbaya.

Hal ini diucapkan Siti saat pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) KLHK, di Jakarta (1/7). Intinya, tambah Siti, bobot utama UUCK ialah penyederhanaan prosedur dan mengatasi hambatan birokratis. UUCK menegaskan posisi perizinan sebagai instrumen pengawasan. UUCK juga memberikan jalan keluar pada berbagai kebuntuan dalam dispute regulasi, penggunaan kawasan hutan, serta akibat-akibat yang terjadi dalam waktu yang panjang seperti konflik tenurial.

Menteri LHK melantik satu orang Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, yaitu Agus Justianto sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari. Sebelumnya, Agus menjabat Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK. “Kepada Saudara Agus Justianto sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari, saya minta untuk melakukan terobosan-terobosan dalam mengatasi berbagai tantangan dalam upaya pengelolaan hutan lestari,” ucapnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya saat melantik stafnya di Eselon I
"Pada kondisi yang cukup berat ini, saya minta seluruh jajaran KLHK untuk mengembangkan friendship dengan berbagai pihak, kebersamaan, interaksi dengan publik, dan kelompok binaan. Sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh, masyarakat betul-betul bisa dipahami apa yang sedang dikerjakan oleh pemerintah. Mereka juga dapat memahami kebutuhan untuk bersama-sama, gotong-royong membangun bangsa ini," pesan Siti.

Siti menegaskan kepada seluruh jajarannya tentang peran KLHK sebagai salah satu kementerian di garda terdepan dalam pemulihan ekonomi nasional. Oleh karenanya, KLHK harus menjadi birokrasi modern yang bekerja cepat, responsif dan inovatif dalam menyelesaikan berbagai persoalan lapangan dan kebutuhan, dinamika di lingkungan masyarakat. Dibarengi dengan penerapan budaya kerja yang bersih, bebas korupsi, dan menjunjung tinggi integritas di seluruh lini organisasi KLHK.

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia