loading...
Home » » Ekspedisi Aurora Siap Eksplorasi Misteri Laut Halmahera

Ekspedisi Aurora Siap Eksplorasi Misteri Laut Halmahera

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-08-13

Tim Peneliti siapkan semua peralatan untuk dibawa di KRI-Spica
Jakarta (WartaMerdeka) – Tim Peneliti Ekspedisi Jala Citra I-2021 “Aurora” Etape I yang bergabung dengan kapal riset Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) KRI Spica-934 siap menuju daerah operasi ekspedisi, yaitu Laut Halmahera untuk memulai penelitiannya.

Tim peneliti terdiri dari 7 Peneliti dari Kementerian Lembaga (P2O LIPI, P3GL KEM-ESDM, ITB, UGM, Universitas Papua, PT. Hidronav Teknikatama) telah bergabung di KRI Spica-934 sejak hari Kamis (12/8).

Rencananya Jumat, (13/8) KRI Spica-934 akan bertolak menuju daerah operasi ekspedisi, untuk menjalani penelitian di Laut Halmahera dan sekitarnya etape I dari 13-23 Agustus 2021. Sebelum bertolak, KRI SPICA-934 sebagai wahana penelitian Ekspedisi Aurora melakukan bekal ulang di dermaga XVI Sorong, Papua Barat.

Tim telah menyiapkan materi rencana survei dan penelitian untuk survei di area ekspedisi. Juga melakukan diskusi teknis rencana kegiatan survei dan penelitian hidrografi, batimetri, oseanografi serta geofisika pada area fokus utama penelitian AURORA di wilayah Halmahera.
Penelitian akan bedah semua potensi di dalam laut Halmahera dan sekitarnya
Tim Survei KRI SPICA-934 dan peneliti telah uji kesiapan teknis. Seluruh peralatan seperti Magnetometer, Singlebeam Echosounder, Multibeam Echosounder, peralatan water sampling serta ROV. dengan hasil pengujian, sudah siap dan berjalan dengan baik.

Selain itu, Tim Survei KRI SPICA-934 telah mulai egiatan survei pendukung meliputi pengamatan geodetik, pengamatan pasut, pengamatan Meteorologi, pemeriksaan peralatan survei serta Geografi maritim (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia