loading...
Home » » Pesawat Tempur F-16 Dan Helikopter TNI Meriahkan HUT Kemerdekaan RI

Pesawat Tempur F-16 Dan Helikopter TNI Meriahkan HUT Kemerdekaan RI

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-08-13

Jet Tempur F-16 akan manuver di atas Istana Presiden
Jakarta (WartaMerdeka) – Sebanyak delapan pesawat tempur strategis F-16 Fighting Falcon dan enam helikopter TNI, siap meriahkan Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Kesiapan alat utama sistem senjata/alutsista TNI ini, ditandai dengan pelaksanaan latihan (geladi) berlangsung (13/8).

Saat Hut RI nanti, 8 pesawat tempur F-16 akan berlaga flypast, sementara 6 pesawat helikopter akan membawa Penerbangan Giant Flight Merah-Putih Underslung.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan, pelaksanaan geladi ini, merupakan persiapan sebelum tampil pada 17 Agustus 2021.

“Untuk flypast melibatkan delapan pesawat tempur F-16, sementara untuk Penerbangan Giant Flag Merah-Putih Underslung dilaksanakan oleh enam pesawat helikopter. Hari ini semuanya telah melaksanakan geladi,” jelas Kadispenau.

Delapan pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 16, akan unjuk kebolehan flypast dengan formasi Arrow Head pada ketinggian 1.000 kaki. Lalu maneuver bomb burst tepat di atas Istana Merdeka, tempat Upacara HUT Ke-76 RI.

Misi penerbangan dengan callsign “Garuda Flight” ini, dipimpin (flight leader) oleh Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun.

Sementara, Penerbangan Giant Flag Merah-Putih Underslung dengan call sign "Nusantara Flight" dipimpin (Flight Leader) Letkol Pnb Akhmad M. Mulyono yang juga menjabat Danskadron Udara 6.  

Misi penerbangan ini dibagi dalam dua elemen, dengan tiga helikopter untuk masing-masing elemennya. Kedua elemen penerbangan, akan mengibarkan bendera Merah-Putih ukuran raksasa, yakni 30x20 meter.
Enam helikopter bakal bentangkan bendera raksasa di udara
Keenam pesawat helikopter terdiri dari satu helikopter jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dan tiga helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, serta dua helikopter NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma 


“Alhamdulillah, seluruh pelaksanaan geladi pada hari ini dapat terselenggara dengan aman, baik dan lancar. Pelaksanaan latihan berikutnya akan dilaksanakan di 14 dan 15 Agustus 2021,” ungkap Kadispenau (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia