Saatnya Generasi Muda Di Depan Perangi Sampah Laut

Jakarta (WartaMerdeka) – “Generasi muda merupakan kunci utama dalam upaya pengurangan dan penanganan sampah domestik,” kata Deputi Bidang Koordinasi P

Generasi muda berperan penting dalam perangi sampah plastik
Jakarta (WartaMerdeka) – “Generasi muda merupakan kunci utama dalam upaya pengurangan dan penanganan sampah domestik,” kata Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Nani Hendiarti.

Hal ini diungkapkan Nani dalam Webinar Nasional “Merdeka dari Sampah Plastik” (18/8), sebagai salah satu rangkaian dari ajang EUPHORIA (Ending Plastic Pollution Through Comic and Writing Contest for A Better Indonesia),serta menyemarakkan Hut Kemerdekaan RI ke-76, yang juga mengundang  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan Sekretariat Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL).

Menurut Nani, perubahan perilaku dan mindset masyarakat, khususnya generasi muda merupakan hal  penting. Anak muda dapat menjadi agen perubahan dan memulai langkah kecil dengan memilah sampah di rumah, membuang pada tempatnya, dan mulai mengolahnya menjadi hal yang memiliki nilai lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi semua antusiasme adik-adik di kompetisi ini. Menjadi momentum kita bersama pula dalam merayakan kemerdekaan, dengan bersama-sama berinovasi dalam mengelola sampah plastik,” pujinya.

Pemerintah terus sosialisasi untuk kelola sampah dengan benar   
Kompetisi yang terdiri dari menulis essay, cerpen, dan pembuatan komik bertemakan penanganan sampah plastik ini menarik berbagai kalangan mulai dari tingkat SD/Ibtidaiyah, SMP/Tsanawiyah, SMA/Aliyah, maupun kalangan mahasiswa dan kalangan umum usia 15-35 tahun.

Nani mengharapkan tiap-tiap pemenang yang telah diumumkan tidak hanya berhenti disini saja. Tetapi dapat berbagai ide yang ada mampu diimplementasikan ke keluarga, lingkungan sekitar, bahkan di tingkat masyarakat yang lebih luas lagi.

Jumeri, Selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menekankan pentingnya sosialisasi ke generasi muda tentang kepedulian lingkungan, khususnya terkait penanganan sampah plastik di Indonesia.

“30 persen dari masyarakat Indonesia berada di lingkungan pendidikan formal, sehingga jika mereka sudah sadar akan pentingnya pengelolaan sampah, akan tercipta dengan lebih cepat solusi bagi penanganan sampah plastik yang melanda,” jelas Jumeri.

Webinar dan pengumuman pemenang kompetisi EUPHORIA ini diikuti lebih dari 25.000 peserta secara daring, juga diisi oleh berbagai materi edukatif terkait penanganan sampah di lingkungan pendidikan. Serta diselingi dengan sesi ramah tamah yang bersifat interaktif dengan para peserta dan pemenang (lw).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Saatnya Generasi Muda Di Depan Perangi Sampah Laut
Saatnya Generasi Muda Di Depan Perangi Sampah Laut
Jakarta (WartaMerdeka) – “Generasi muda merupakan kunci utama dalam upaya pengurangan dan penanganan sampah domestik,” kata Deputi Bidang Koordinasi P
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhzOTAdCA1qXbqjHZ6MohtAAealZoDBO0BXUfEWH_LE9ZL4OYi0HiW2pzyP2RmfxIFbjxyjslzEJAKYsOz3xeEpin35BPWXhV15Yl4rQnWBhScsnmiKSJyw7M9NTDYWuQbGnMNuA3bUxtiLT5t-_MJbWE-SLznWTjDKagB7-wW37cauP8IbCW7VUjiY=w400-h225
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhzOTAdCA1qXbqjHZ6MohtAAealZoDBO0BXUfEWH_LE9ZL4OYi0HiW2pzyP2RmfxIFbjxyjslzEJAKYsOz3xeEpin35BPWXhV15Yl4rQnWBhScsnmiKSJyw7M9NTDYWuQbGnMNuA3bUxtiLT5t-_MJbWE-SLznWTjDKagB7-wW37cauP8IbCW7VUjiY=s72-w400-c-h225
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/08/saatnya-generasi-muda-di-depan-perangi.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/08/saatnya-generasi-muda-di-depan-perangi.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy