loading...
Home » » Kemenko Marves Gandeng Telkomsel Luncurkan Film Seri 'Mangi-Mangi'

Kemenko Marves Gandeng Telkomsel Luncurkan Film Seri 'Mangi-Mangi'

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-09-10

Kemenko Marves angkat cerita Film dari masyarakat pesisir di Brebes
Jakarta (WartaMerdeka) – Untuk meningkatkan  literasi maritim serta budaya bahari, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) memproduksi film seri berjudul 'Mangi-Mangi' dan meluncurkan secara virtual (8/9). Film ini menceritakan persahabatan tiga anak pesisir yang sedang dalam  proses mencari jati diri serta membangun perekonomian melalui budidaya kepiting soka.

"Sebagai bangsa yang mengaku memiliki nenek moyang pelaut, wajib bagi kita untuk meneruskan cita-cita mulia para pendahulu. Menjadikan laut sebagai kehidupan, namun juga menjaganya untuk masa depan," ucap Menko Marves Luhut B. Pandjaitan dalam launching film Mangi-Mangi.

Luhut berpesan, khususnya para generasi muda, generasi milenial dan generasi Z, dengan adanya film ini, sudah saatnya peduli dan sadar apa arti laut sesungguhnya. Oleh sebab itu, dirinya mengungkapkan "wajib" untuk menonton film ini.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Kemenko Marves yang juga Executive Producer film seri 'Mangi-Mangi' Khairul Hidayati (Hida) mengungkapkan, “saya bersyukur akhirnya film ini jadi setelah melalui perjuangan panjang sejak Bulan Februari hingga Maret hampir tiap seminggu sekali ke Kaliwlingi. Hingga akhirnya bertemu dengan penduduk Kaliwlingi yang curhat tentang kondisi lingkungannya.".

Menurut Hida, "di Desa Kaliwlingi, Brebes, juga terdapat sekolah alam yang sering digunakan untuk kegiatan mahasiswa dari berbagai Universitas maupun siswa sekolah dasar hingga menengah atas untuk belajar langsung di alam, dan bahkan sebelum pandemi. Di desa ini juga sering diadakan kegiatan jambore mangrove. Nah dari situ saya tertarik datang ke lokasi tepatnya di Dukuh Pandansari, dan ternyata yang menarik bukan cuma sekolah alamnya namun di situ ada ekowisata mangrove sari.”  

Mangrove Sari itu sendiri merupakan ekowisata yang dikelola secara swadaya oleh kelompok masyarakat yang ternyata merupakan bentuk dari kebangkitan masyarakat Dukuh Pandansari setelah beberapa tahun sebelumnya mengalami bencana yakni diterpa banjir rob hingga mengalami abrasi.  

Hida menambahkan, rencananya akan membuat lagi film bertema literasi kemaritiman pada masa mendatang. Di antaranya tentang mangrove Belitung dan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur yang menyimpan sejuta cerita kemaritiman yang dapat ditemukan di relief candi. "Nanti kalau memang ceritanya sudah ok, dan mendapatkan pendanaan mungkin dari partner-partner kita, atau bisa juga dari CSR-CSR, kita bisa lanjut untuk produksi,” paparnya.

Kawasan Mangrove Brebes yang mengilhami film Mangi-Mangi 
Dalam pembuatan film seri 'Mangi-Mangi' ini, Kemenko Marves menjalin kolaborasi dengan salah satu provider telepon selular yakni Telkomsel. Sehingga nantinya film tersebut bisa diakses di platform video on demand terdepan dari Telkomsel, MAXstream.

Film 'Mangi-Mangi' dapat dinikmati oleh pelanggan MAXstream mulai 8 September 2021. Hadirnya film dengan total durasi 31 menit ini diharapkan kian memperkaya varian konten inspiratif yang dihadirkan oleh MAXstream sekaligus mempertegas komitmen memenuhi kebutuhan pelanggan akan hiburan berkualitas dan mendidik (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia