PPKM Terus Membaik, Jangan Untuk Dirayakan

“Momentum ini patut kita syukuri. Walaupun begitu, ini bukan euforia yang harus dirayakan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Saat ini percepatan vaksinasi menjadi prioritas untuk menekan sebaran Covid-19
Jakarta (WartaMerdeka) –  “Momentum ini patut kita syukuri. Walaupun begitu, ini bukan euforia yang harus dirayakan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan, saat jumpa pers virtual terkait penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pandemi Covid-19 yang semakin terkendali (6/9).

Saat jumpa pers, Luhut bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Wamenkes Dante Saksono, dan menjelaskan, dari 25 kabupaten/kota yang ada pada level 4, sekarang tersisa 11. Sementara itu, Menurut Airlangga, di luar pulau Jawa perpanjangan level 4 dilakukan di 23 kabupaten/kota dari yang sebelumnya diterapkan di 34 kabupaten/kota.

Melihat kondisi yang membaik tersebut, Pemerintah pun melakukan tiga penyesuaian kebijakan khusus di wilayah Jawa-Bali. Pertama, melonggarkan waktu makan di restoran selama 60 menit dengan kapasitas tempat 50 persen. Kedua, uji coba membuka 20 tempat wisata di kabupaten/kota yang ada di level 3. Ketiga, pemerintah ujicoba protokol kesehatan (prokes) dan Aplikasi Peduli Lindungi untuk mall dan pusat perbelanjaan di Bali dengan batasan tertentu.

Kemudian, soal strategi untuk mengendalikan Pandemi Covid-19, Luhut mengungkapkan adanya 3T (Testing, Tracing dan Treatment), percepatan cakupan vaksinasi bagi masyarakat serta penerapan protokol kesehatan. Selain itu, penanganan pandemi harus terus merujuk pada data, ilmu pengetahuan, dan teknologi terbaru. Eksekusinya pun dilakukan secara bertahap, berlanjut, dan terpadu.

“Kita sudah melewati masa puncak jumlah kasus terkonfirmasi, jumlah perawatan di rumah sakit, dan jumlah kematian jadi jangan sampai ada gelombang ketiga,” tambahnya. Khusus di wilayah luar Jawa dan Bali, Airlangga menyebutkan, vaksinasi sudah dilakukan terhadap 106 juta penduduk dan diperlukan percepatan vaksinasi supaya jumlah penambahan kasus tak kembali meningkat tajam.

 “Untuk saat ini, akselerasi vaksinasi menjadi fokus utama pemerintah, terlebih bagi lima kabupaten/kota yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON),” ujar Airlangga. Lalu, Dante mengingatkan, kemungkinan kenaikan kasus pasien Covid-19 saat menjelang libur peringatan Maulid Nabi Muhammad di bulan depan.

Pemerintah memanfaatkan aplikasi Peduli Lindungi sebagai integrator utama dari proses 3T, penerapan protokol kesehatan 3M dan percepatan vaksinasi agar penularan Covid19 dapat dikendalikan. Sejauh ini, aplikasi tersebut sudah digunakan di enam sektor esensial, yaitu perdagangan, transportasi, pariwisata, kantor/pabrik, keagamaan, dan pendidikan. Selanjutnya, aplikasi ini juga akan diterapkan di area pasar tradisional dan warung.
Aplikasi peduli lindungi kini menjadi andalan untuk awasi pergerakan masyarakat
Aplikasi Peduli Lindungi sudah diterapkan di seluruh Pulau Jawa dan Bali. Di sisi lain, di luar Pulau Jawa Peduli Lindungi baru digunakan di kabupaten/kota dengan jumlah penerima vaksin dosis pertama di atas 50 persen. Wilayah yang dimaksud mencakup Aceh, Jambi, Kupang, Palangkaraya, dan Batam.

Terkait keamanan data, Luhut menjamin kerahasiaannya. Diurus oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi yang dibantu oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). “Pemerintah akan terus mengambil langkah-langkah perbaikan agar kelancaran penggunaan Peduli Lindungi ini semakin baik,” janjinya.

Luhut mengutip pesan Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas, “Covid tidak akan hilang dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, kita perlu menyiapkan diri untuk hidup bersama Covid-19 hingga kondisi ini berubah dari pandemi menjadi epidemi” (ma).

Foto: abri

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: PPKM Terus Membaik, Jangan Untuk Dirayakan
PPKM Terus Membaik, Jangan Untuk Dirayakan
“Momentum ini patut kita syukuri. Walaupun begitu, ini bukan euforia yang harus dirayakan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEtWrrrF8Ey4cef6ixGJPq1cBeMUNW3cJKEenS7BSF_0hui1SiXkDHFn-yDoGQVxsbzUAvHdqGH3-ujjzbLCgw9q7Pi_av4OODl2l-IhDBaNBCGiHWgKrE0JKVVLc2kwQUu-0T-ewL4gs/w400-h300/abri_sunter+pushidros2.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEtWrrrF8Ey4cef6ixGJPq1cBeMUNW3cJKEenS7BSF_0hui1SiXkDHFn-yDoGQVxsbzUAvHdqGH3-ujjzbLCgw9q7Pi_av4OODl2l-IhDBaNBCGiHWgKrE0JKVVLc2kwQUu-0T-ewL4gs/s72-w400-c-h300/abri_sunter+pushidros2.jpeg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/09/ppkm-terus-membaik-jangan-untuk.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/09/ppkm-terus-membaik-jangan-untuk.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy