loading...
Home » » Denny JA: Indonesia dan Papua Nugini Miliki Jumlah Bahasa Daerah Terbanyak

Denny JA: Indonesia dan Papua Nugini Miliki Jumlah Bahasa Daerah Terbanyak

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-10-17

Masyarakat Papua termasuk yang miliki banyak Bahasa daerah
Jakarta (WartaMerdeka) – Denny JA, Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA, mengutip sumber badan PBB, UNESCO mengungkapkan, di dunia kini ada sekitar 7.000 bahasa. Menurut prediksi para pakar bahasa, dalam 100 tahun mendatang hanya akan tersisa 100 bahasa. Sedangkan 90% bahasa yang ada sekarang akan punah.

Denny mengutip data 2019 dan menunjukkan, di Indonesia terdapat 801 bahasa daerah. “Dunia mencatat, Indonesia dan Papua Nugini adalah dua negara yang memiliki jumlah bahasa daerah terbanyak,” ujar Denny, yang perintis survei politik di Indonesia ini.

Sedangkan di Indonesia, bahasa daerah yang terbanyak terdapat di Papua, yang mencakup 326 bahasa daerah. “Begitu beragamnya suku-suku di Papua, di mana tiap suku memiliki bahasanya sendiri,” tambah Denny.

Tak heran, lanjut Denny, setiap 15 hari, ada satu bahasa daerah yang akan punah. Kepunahan itu disebabkan antara lain karena tidak berkembangnya ekonomi dan ilmu pengetahuan di komunitas pengguna bahasa bersangkutan. Juga, karena faktor globalisasi.

Denny JA
Diskusi mengenai peran Bahasa banyak dibahas saat Denny memberi pengantar acara baca puisi 10 penyair perempuan dari berbagai provinsi, mulai dari Aceh hingga Papua Barat (17/10). Acara ini terkait momen Oktober sebagai bulan bahasa dan sastra.

Acara bertema “Empu Punya Kata: Pembacaan Puisi Perempuan Nusantara” itu diadakan oleh SATUPENA, melalui Obrolan HATI PENA #9, dipandu Elza Peldi Taher dan Swary Utami Dewi (dh).

Foto: Istimewa

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia