loading...
Home » » Mentan Semangati Generasi Muda Jadi Petani Unggul

Mentan Semangati Generasi Muda Jadi Petani Unggul

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-10-22

Mentan SYL dorong agar lebih banyak menciptakan SDM unggul di pertanian
Batu/Jatim
 (WartaMerdeka) – "Besok kamu menjadi delegasi sektor pertanian. Kita rubah persepsi anak muda tentang pertanian, ubah mindset pertanian itu kotor. Pertanian itu kan profesi. Bangsa bisa kuat kalau pertaniannya maju. Kalau begitu ini tugas yang berat yang perlu kita selesaikan secara serius," ucap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dalam acara Traning of Trainer (TOT) bagi widyaiswara, dosen, guru dan penyuluh pertanian di BBPP Batu, Jawa Timur (19/10).

Bagi Mentan, sumber daya manusia/SDM menjadi kunci penting dalam pembangunan pertanian dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman. Ia menambahkan, widyaiswara, dosen, guru dan penyuluh pertanian merupakan agen utama dalam transfer of knowledge. Bahkan harus mampu dalam transfer of motivation bagi petani.

Mengingat peran penting ini, sangat perlu setiap widyaiswara untuk terus meng-upgrade wawasan, kapasitas dan kemampuan melalui berbagai pelatihan, seminar, magang dan lainnya sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan dunia pertanian.

"Karena kita di dunia praktisi langsung. Tidak hanya memotivasi tapi kita mampu tidak berbicara hingga pacsa panennya,bagaimana mengelola turunannya, kita berbicara bagaimana marketnya hingga mencapai pasar luar negeri," ajak SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menambahkan, jika Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya untuk meningkatkan kapasitas SDM melalui melalui peningkatan kompetensi teknis, manajerial dan sosiokultural.

"Terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian atas perhatian dan dukungan yang luar biasa kepada peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia Pertanian yang saat ini sasarannya adalah widyaiswara, dosen, guru dan penyuluh pertanian sebagai ujung tombak dalam membentuk atau mewujudkan SDM Pertanian," jelas Dedi.

Mentan SYL dorong agar lebih banyak menciptakan SDM unggul di pertanian
Pelaksanaan kegiatan Training of Trainer (TOT) bagi Widyaiswara, Dosen, Guru dan Penyuluh Pertanian, kata Dedi, dimulai dari registrasi secara online (H-4 melalui aplikasi registrasi pelatihan online pada menu aparatur, TOT) dan offline.

TOT dengan metode blended learning dilaksanakan selama dua hari. Setelah selesai TOT, peserta memperoleh e- sertifikat yang didownload melalui aplikasi registrasi pelatihan online. Kegiatan ini diikuti 60 orang offline, 1000 Online akan dilaksanakan tanggal 19-20 Oktober 2021 di PPMKP Ciawi, Jawa Barat (dh).



Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia