loading...
Home » » Satupena Akan Bahas "Feminisme" Dalam Islam

Satupena Akan Bahas "Feminisme" Dalam Islam

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-10-09

Lies Marcoes, penulis buku "Merebut Tafsir"
Jakarta (WartaMerdeka) – Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA akan mengadakan Obrolan HATI PENA #8, bertema “Merebut Tafsir: Gugatan atas Sesembahan Perempuan.”

Acara ini dilatarbelakangi posisi perempuan dalam Islam, yang pada sejumlah kasus di beberapa negara masih harus berjuang demi kesetaraan.

Sebagai nara sumber, adalah Lies Marcoes, penulis buku “Merebut Tafsir” dan Direktur Rumah Kitab. Webinar akan berlangsung pada Minggu, 10 Oktober 2021, pukul 14.00-16.00 WIB, dipandu Amelia Fitriani dan Anick HT.

“Merebut Tafsir” adalah buku yang merepresentasikan perjalanan sekaligus analisis berbasis feminisme yang ditulis oleh Lies Marcoes. Baginya, upaya merebut tafsir harus terus menerus dilakukan untuk menegaskan landasan religi di mana dia berada, yaitu Islam. 

Cita-cita Islam adalah kesetaraan, termasuk bagi perempuan. Lies menilai perempuan dan Islam adalah dua elemen yang tak terpisahkan untuk diperjuangkan.

Nama Lies Marcoes tak pernah absen dari perbincangan soal wacana dan gerakan perempuan Islam. Ia disebut sebagai salah satu ahli Indonesia di bidang gender dan Islam. 

Lies berperan merintis gerakan kesetaraan gender dengan menjembatani perbedaan antara feminis muslim dan sekuler. Selain itu, ia juga mendorong kaum feminis untuk bekerja mewujudkan kesetaraan gender di bawah Islam.

Serta akan diulas, apa yang hendak direbut melalui tafsir ini. Juga, narasi tafsir mana yang bermasalah dalam konteks keperempuanan. Akan menarik untuk mencermati, apa yang hendak digugat oleh Lies Marcoes.

Webinar bisa diikuti di link zoom: https://s.id/hatipena8 atau livestreaming di Youtube Channel: Hati Pena TV. Juga di Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Selain itu disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia