loading...
Home » » Menteri LHK Ajak Generasi Muda Tanam Pohon Di 34 Propinsi

Menteri LHK Ajak Generasi Muda Tanam Pohon Di 34 Propinsi

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-12-21

Menteri LHK Siti Nurbaya tanam pohon di Karangasem, Bali
Bali
 (WartaMerdeka) – "Yang paling penting sekarang adalah bagaimana kita bersama-sama menyelesaikan, membantu, bekerja dengan fasilitasi pemerintah pusat dan daerah untuk memulihkan lingkungan," ucap Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan/LHK Siti Nurbaya bersama generasi muda yang tergabung Green Leaders Indonesia (GLI), saat menanam pohon bertajuk "Kaum Muda Menanam" di Kabupaten Karangasem, Bali (19/12).

Kegiatan penanaman ini dilakukan serentak bersama para generasi muda lainnya di 34 Provinsi di Indonesia, bertujuan  memfasilitasi para kaum muda sebagai generasi penerus bangsa, sebagai bukti kerja lapangan bersama, inklusif, dan membangun kesadaran bersama secara utuh untuk pemulihan lingkungan.

Melibatkan lebih kurang 10 ribu pemuda dari seluruh propinsi di Indonesia, dengan total jumlah bibit pohon ditanam lebih kurang 86 ribu bibit, Siti mengajak generasi muda di GLI dapat memprakarsai kegiatan penanaman di seluruh Indonesia.

Program UPSA mengajak generasi muda memahami lingkungannya
Mengapa lokasi kegiatan ini di Desa Datah, Karangasem, Bali, karena sebagai salah satu bentuk Usaha Pengelolaan Sumberdaya Alam (UPSA). Yaitu gerakan konservasi tanah dan air komprehensif pada sebidang lahan kering yang dipergunakan sebagai tempat memperagakan teknik-teknik konservasi tanah dan air.

Upayanya antara lain dengan pembuatan teras dan saluran pembuangan air serta intensifikasi usaha tani yang baik dengan memperhatikan kemampuan dan kesesuaian lahan yang bersangkutan. Selain itu, pada skala lebih besar, UPSA sebagai salah satu bentuk kegiatan nyata dalam memitigasi kebencanaan, terutama dalam menghadapi tantangan perubahan iklim termasuk bencana hidrometeorologi.

"Karena menangani alam ini bukan hanya dengan teriak-teriak, tetapi dengan pengetahuan, dedikasi dan bekerja secara nyata," jelas Siti. Bupati Karangasem, I Gede Dana menyampaikan, masyarakat Bali umumnya, diajarkan untuk wajib memelihara lingkungan dalam rangka menjaga hubungan antara manusia dengan alam.

"Dengan adanya gerakan ini, saya yakin Indonesia akan semakin hijau, udara akan semakin bersih," harap Gede Dana (lw).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia