-->

Notification

×

Indeks Berita

Yasarini Pusat Kembali Gelar Olimpiade Matematika Dan Iptek

2022-01-13 | 16.41 WIB Last Updated 2022-01-13T09:42:46Z
Yasarini secara rutin membuat Ajang AMSO hingga sudah lima kali berturut-turut
Jakarta (WartaMerdeka) – Yayasan Ardhya Garini/Yasarini Pusat (lembaga sosial para isteri Prajurit TNI Angkatan Udara yang peduli tentang pendidikan) kembali gelar ajang Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO) ke-5  di 2021 dengan  tema "Siswa Sekolah Angkasa: Berani Jujur Angkasa Unggul," secara virtual dari kantor PIA Ardhya Garini Pusat, Jakarta (11/1).

AMSO merupakan ajang pengembangan kemampuan peserta didik Sekolah Angkasa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan sain, (Iptek) sekaligus menumbuh kembangkan semangat berkompetisi dan sebagai tradisi berprestasi di tingkat nasional. Ada 11 mata pelajaran dikompetisikan pada AMSO ke-5, yakni matematika dan IPA (SD/MI), matematika, IPA dan IPS (SMP/MTS), matematika, fisika, geografi dan ekonomi (SMA) serta matematika dan ekonomi (SMK).

Ajang AMSO tahun ini digelar berbeda dengan sebelumnya, dimana seleksi dilakukan lebih ketat dengan tingkat kesulitan pengerjaan soal yang lebih tinggi. Pada seleksi tahap pertama, AMSO diikuti 10.464 siswa, terdiri dari tingkat SD/MI kelas 4 dan 5, tingkat SMP/MTS kelas 7 dan 8, tingkat SMA kelas 10 dan 11 serta SMK kelas 10 dan 11.

Sedangkan seleksi tahap kedua diadakan di tingkat perwakilan dengan total peserta 4.910 siswa. Perwakilan Kodiklatau berjumlah 1034 peserta, Koopsau I, 2627 peserta, Koopsau II,  870 peserta dan Koopsau III, 379 peserta.

Kali ini ajang AMSO diikuti lebih dari 10 ribu peserta pelajar dari seluruh Indonesia
Untuk  babak grand final, seluruh peserta diuji kemampuan berpikir, nalar dan logikanya dengan mempresentasikan jawaban di hadapan Dewan Juri.  Selain itu, prosentase soal HOTs AMSO 2021 juga lebih banyak,

Turut hadir secara virtual pada kegiatan ini, Ketua Umum Yasarini Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum PIA Ardhya Garini selaku Wakil Ketua Umum Yasarini Inong Fadjar Prasetyo, Waketum PIA Ardhya Garini selaku Ketua Harian Yasarini Thres Gustaf Brugman beserta para Pengurusnya (bp).

×
Berita Terbaru Update