-->

Notification

×

Indeks Berita

Konflik Ukraina vs Rusia Dibedah Webinar SATUPENA

2022-03-09 | 08.13 WIB Last Updated 2022-03-09T01:13:00Z

Jakarta (WartaMerdeka) – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang potensi dan risiko terjadinya Perang Dunia III, yang akan berdampak besar. Risiko global ini dipicu oleh operasi militer khusus Rusia ke Ukraina, yang dilancarkan 24 Februari lalu.
Obrolan Hati Pena #29 itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis (10/3), pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai narasumber adalah Hikmahanto Juwana, Guru Besar Hukum Internasional UI dan Rektor Universitas Jenderal A. Yani. Diskusi dipandu Elza Peldi Taher dan Amelia Fitriani.

Menurut penyelenggara diskusi, publik dunia dibuat geger dengan aksi militer Rusia ke Ukraina. Tak lama setelah mengakui kemerdekaan Donetsk dan Luhansk, yang merupakan bagian dari wilayah timur Ukraina, Rusia mengerahkan ratusan ribu pasukannya ke Ukraina.

Merespons aksi militer itu, Amerika Serikat, Uni Eropa, dan sejumlah negara lain kompak mengecam dan segera menjatuhkan sanksi ke Rusia. Meski begitu, langkah itu tidak banyak membantu Ukraina di lapangan.

Pasukan Ukraina maju sendiri menghadapi pasukan Rusia. Presiden Ukraina bahkan sempat "curhat" karena merasa ditinggalkan sendirian dalam menghadapi Rusia oleh NATO.

Di sisi lain, Rusia "tutup kuping" dengan kecaman dan sanksi yang berdatangan dari banyak negara. Rusia tetap melancarkan aksi militernya di Ukraina. Bahkan eskalasi serangan pun meningkat.

Indonesia bersama 140 negara lain pada 2 Maret lalu menyetujui resolusi di Sesi Khusus Darurat, Sidang Majelis Umum PBB, yang meminta Rusia menghentikan serangannya ke Ukraina. Suatu sikap yang mendatangkan pro-kontra di tanah air.

Acara ini bisa diikuti melalui link zoom https://s.id/hatipena29 dan livestreaming melalui Youtube Channel: Hati Pena TV. Juga, Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (lw).

×
Berita Terbaru Update