-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Rengganis Yang Termasyur Di Asia Tenggara

2022-05-30 | 17.17 WIB Last Updated 2022-05-30T12:59:38Z



Jakarta (WartaMerdeka) – Rengganis Suspension Bridge membentang di atas hutan serta sungai yang berada di kaki Gunung Patuha. 

Lokasinya berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, Karenanya, saat melintas di atas jembatan gantung tersebut, wisatawan akan disuguhi hamparan hijau hutan belantara serta kebun teh.

Sejak dilakukan soft opening pada 3 Mei 2022 lalu, Rengganis Suspension Bridge sudah dikunjungi sekitar 30.000 orang.

Sebagai perbandingan, Situ Gunung Suspension Bridge mempunyai panjang 243 meter, dengan ketinggian mencapai 100 meter.

Rengganis Suspension Bridge membentang sepanjang 370 meter, dengan ketinggian 75 meter. Panjang Rengganis Suspension Bridge melebihi jembatan gantung serupa di Sukabumi, yaitu Situ Gunung Suspension Bridge.

Namun demikian, perancang desain jembatan kedua jembatan gantung tersebut ternyata sama, meskipun pengelolaannya berbeda.

Rengganis Suspension Bridge berada di bawah pengelolaan PT Prakarsa Mulya yang bekerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Demi faktor keamanan di Jembatan Gantung Rengganis Suspension Bridge menggunakan kawat sling baja, Tak main-main, kawat sling baja ini diimpor dari luar negeri serta telah melalui hasil uji coba dan penelitian dari pabrik.Sementara itu, lantai dasar jembatan menggunakan kayu ulin atau kayu besi yang didatangkan langsung dari Kalimantan.

Selain itu, setiap pengunjung yang melintas akan dilengkapi dengan tali pengaman yang terikat dengan sling baja. Pihak pengelola juga membatasi kapasitas pengunjung yang melintas di atas jembatan adalah 70 orang.(FM)

Foto: Istimewa

Iklan

×
Berita Terbaru Update