-->

Notification

×

Indeks Berita

Sedotan Purun Wujud Konservasi Pariwisata Indonesia

2022-05-06 | 21.54 WIB Last Updated 2022-05-06T14:56:05Z
Menparekraf Sandiaga Uno perkenalkan Sedotan Purun Di PBB
New York/AS
  (WartaMerdeka) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Menparekraf Sandiaga  Uno menyebutkan bahwa Indonesia saat ini menjadi acuan dunia dalam penanganan pandemi COVID-19 dan keberhasilan dalam membangkitkan sektor pariwisata setelah dua tahun dihantam pandemi.

Ini dikemukakanSandiaga usai memberikan sambutan di event 'High-level Thematic Debate on Tourism', diadakan United Nations General Assembly di UN General Assembly Hall, New York, Amerika Serikat (4/5).

"Indonesia diberikan penghargaan dalam penanganan pandemi COVID-19 dan kebangkitan dari pariwisata kita yang berbasis pariwisata berkualitas, berbasis komunitas, dan berkelanjutan. Ini adalah penopang kebangkitan ekonomi kita. Penopang penciptaan peluang usaha, dan pembuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga.

Sandiaga menuturkan, jika berbicara mengenai pariwisata yang berkelanjutan, maka harus ada aksi yang konkret. Salah satu aksi konkret tersebut adalah tawaran program dari Indonesia untuk mengubah sampah plastik menjadi solusi berbasis produk-produk alam atau nature based solution.

"Nah itu yang kita hadirkan. Dan kita langsung menunjukkan bahwa sedotan berbasis purun ini yang akan menjadi solusi kita real untuk mengatasi isu-isu lingkungan hidup," jelasnya. Purun merupakan sejenis rumput teki-tekian yang memiliki batang lurus, berongga, dan tidak berdaun sehingga efektif untuk digunakan sebagai pengganti sedotan plastik.

Pariwisata berbasis konservasi kini banyak diminati wisatawan dunia
Sandiaga mengungkapkan hal yang juga harus segera direalisasikan dengan pernyataan dirinya di Majelis Umum PBB adalah, seiring dengan G20 dan peran Indonesia sebagai tuan rumah hari pariwisata dunia, pihaknya akan terus mendorong kebangkitan ekonomi, terciptanya peluang usaha, dan terbuka lapangan kerja.

"Dan bersama Presiden Joko Widodo, tentunya kami menyusun tatanan ekonomi pariwisata baru yang lebih terbuka dan berkeadilan. Ini yang kita garis bawahi dan Indonesia mengambil posisi strategis, posisi sebagai negara yang menjadi acuan dari seluruh wilayah di dunia dalam penanganannya pandemi COVID-19 dan kebangkitan pariwisata," terang Sandiaga (lw).

×
Berita Terbaru Update