-->

Notification

×

Indeks Berita

Siaga Libur Lebaran, Operasi Penerbangan TNI AU Tetap Berjalan

2022-05-08 | 22.46 WIB Last Updated 2022-05-08T15:48:35Z
Beberapa skadud angkut logistik untuk keperluan personil TNI AU
Jakarta (WartaMerdeka) – Meskipun dalam suasana libur Idul Fitri, para prajurit TNI AU, khususnya yang bertugas di satuan operasional, seperti Skadron Udara (Skadud), tetap melaksanakan tugas penerbangan. Beberapa  Skadud angkut TNI AU, sejak H-4, sesuai jadwal,  tetap melakukan operasional penerbangan dari dan ke sejumlah Lanud di seluruh wilayah Indonesia.

Satuan tersebut meliputi Skadud 2 (CN-295), Skadud 4 (C-212), Skadud 5 (B-747),  Skadud 27 (CN-235),  Skadud 31, 32, dan 33 (C-130 Hercules). Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan (8/5), sejak H-4 Idul Fitri 1443 H,  para prajurit TNI AU di Skadud tetap siaga menjalankan tugas penerbangan sesuai jadwal.

Salah satu misi penerbangan yang dilakukan adalah mendukung mobilitas personel dan logistik.       Seperti penerbangan Skadud 2 dan 31.  Dua satuan pesawat angkut  yang berada di Lanud Husein Sastranegara Bandung tersebut,  beroperasi menjalani angkutan untuk mobilitas personel dan logistik. Hal yang sama juga dilakukan Skadud angkut lainnya. 

Helikopter SAR ikut pantau arus mudik
Alat utama sistem senjata (alutsista) lainnya yang disiagakan TNI AU adalah Helikopter SAR Khusus memantau arus mudik. Beberapa Skadud Helikopter yang siaga yaitu Skadud 6 (NAS-332 Super Puma), Lanud Atang Sendjaya, Bogor, Skadud 7 (EC-120 Colibri) Lanud Suryadarma Subang dan Skadud 8 (EC-725 Caracal) Lanud Atang Sendjaya Bogor. 

Sejak H-4 sampai dengan H+4,  pesawat dan kru helikopter standby SAR di home base masing-masing. "Armada Helikopter TNI AU disiagakan di tiap-tiap Skadron Udara, yaitu di Bogor dan Subang.  Mereka akan bergerak sesuai perintah pimpinan dan kondisi," terang Kadispenau (bp).

×
Berita Terbaru Update