-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Pushidrosal Gelar Latihan Survei Dan Pemataan

2022-07-21 | 21.42 WIB Last Updated 2022-07-21T14:44:58Z
Latihan berlangsung sepekan baik di ruangan maupun lapangan
Jakarta (WartaMerdeka) – Guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam mendukung tugas pokok sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) gelar Latihan Operasi Survei dan Pemetaan (Latopssurta) Hidro-Oseanografi di 2022. 

Latihan berlangsung selama 7 hari (20 - 26 Juli), secara resmi dibuka Inspektur Pushidrosal Laksma  TNI Rony Saleh mewakili Danpushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, di Ruang Serba Guna Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Rabu (20/07).

Pesan Danpushidrosal dibacakan Irpushidrosal, agar Latopssurta menjadi tolok ukur penilaian kompetensi pelaksanaan tugas, sesuai dengan peran dan fungsi satker pelaksana maupun pendukung di jajaran Pushidrosal, dimulai dari tingkat perorangan sampai dengan tingkat satuan kerja yang terlibat dalam proses penyelenggara surta hidros.

“Selaras dengan hal tersebut, untuk meningkatkan kemampuan kesiapan operasional, profesionalisme prajurit dan keterpaduan antara unit tugas serta menguji doktrin dalam pelaksanaan tugas Pushidrosal maka Pushidrosal menyelenggarakan program latihan surta hidros.” jelas Danpushidrosal.

Prajurit Pushidrosal secara kontinyu mendalami operasi surta
Implementasi latihan meliputi tahapan dan prosedur proses surta hidros, dilakukkan secara terpadu antara unsur KRI, survei pesisir dan staf pendukung. Aspek penting yang menjadi sasaran latihan ini pada tingkat perorangan peserta mampu tugas peran dan fungsi dengan terampil, mampu mewujudkan kesiapan operasional piranti lunak serta kesiapsiagaan prajurit hidros yang profesional.

Latihan dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap Geladi Posko dan Manuver Lapangan. Dalam Geladi Posko dilaksanakan kegiatan mekanisme proses perencanaan dan pengambilan keputusan dalam Operasi Surta Hidro-Oseanografi dan penyusunan rencana operasi lengkap sesuai dengan tuntutan tugas operasi yang akan dilaksanakan serta Tactical Floor Game (TFG).

Sedangkan di tahap manuver lapangan yang akan mengambil lokasi di perairan Kepulauan seribu dan Teluk Jakarta, melibatkan Unit Survei Pesisir, KRI dan Staf pendukung untuk melakukan surta  meliputi hidrografi, oseanografi, meteorologi dan geografi maritim (bp).

Iklan

×
Berita Terbaru Update