-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Satupena Bahas Peran Shinzo Abe dan Demokrasi Ala Jepang

2022-07-21 | 21.37 WIB Last Updated 2022-07-21T14:37:26Z

Jakarta (WartaMerdeka) – Perkumpulan Penulis Indonesia, Satuperna, akan mengadakan diskusi tentang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan demokrasi ala Jepang. Shinzo Abe tewas terbunuh baru-baru ini dalam suatu serangan di Nara, Jepang, sehingga kematiannya mengejutkan dunia.

Obrolan Hati Pena #47 itu diadakan di Jakarta pada Kamis (21/7), pukul 19.00-21.00 WIB, dengan narasumber Guru Besar Sastra Jepang dari FIB Universitas Indonesia, Prof. Dr. I Ketut Surajaya, MA. Pemandu diskusi adalah Swary Utami Dewi dan Amelia Fitriani.

Menurut panitia webinar, Jepang merupakan negara yang memiliki dinamika demokrasi unik. Tradisi berdemokrasi di negeri sakura itu lahir dari kultur demokrasi modern sistem parlementer, yang diadopsi ke dalam kultur nilai budaya Jepang itu sendiri. Kendati begitu, pada saat bersamaan, nilai-nilai tradisional tetap mengakar dengan kokoh di masyarakat Jepang, tanpa tergerus sedikit pun.

Salah satu tokoh yang mengambil peran dalam melestarikan kultur demokrasi semacam itu adalah Shinzo Abe. Lantas, yang menarik adalah bagaimana memahami dinamika berdemokrasi di Jepang, dengan kacamata budaya politik tradisional serta sistem politik modern. Webinar akan menyelami lebih jauh mengenai topik ini.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena47. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (dh).

Iklan

×
Berita Terbaru Update