-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Ikuti Pemikiran Bung Hatta Di Webinar Satupena

2022-08-12 | 00.29 WIB Last Updated 2022-08-11T17:29:00Z
Jakarta (WartaMerdeka) – Perkumpulan Penulis Indonesia, Satupena, gelar diskusi bertema “Karsa Bung Hatta Untuk Bangsa: Demokrasi dan Intelektualisme.” Ini sekaligus memperingati 120 tahun lahirnya Bung Hatta, yang lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, Sumatra Barat.

Obrolan Hati Pena #50 akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 11 Agustus 2022, pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai narasumber adalah sejarawan Bonnie Triyana serta dipandu Elza Peldi Taher dan Swary Utami Dewi.

Menurut panitia webinar, Bung Hatta adalah Proklamator dengan jejak melampui zaman. Sosok Mohammad Hatta dikenal sebagai man of work, alias orang di belakang layar. Hatta juga aktivis, menulis begitu banyak ide cemerlang dan peletak dasar demokrasi bangsa Indonesia. Jadi, tepat untuk melihat warisan idenya, yakni demokrasi dan intelektualisme.

Pena adalah senjata utama Bung Hatta untuk memerdekaan bangsanya. Bakat menulisnya, dan banyak karyanya sudah muncul saat ia kuliah di negeri Belanda.  Buku dan perpustakaan menjadi pusat hidupnya.

Pemikiran Mohammad Hatta tentang demokrasi Indonesia memang berbeda dengan prinsip-prinsip demokrasi di Barat, tempat ia menimba ilmu. Ia gabungkan tiga sumber, yaitu ajaran Islam, asas kekeluargaan dan kebersamaan, serta sosialisme Barat. Gagasan itu muncul karena ia anggap ada praktik-praktik demokrasi Barat yang tidak sepenuhnya kompatibel dengan Indonesia.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena50. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (lw).

Iklan

×
Berita Terbaru Update