-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Masih ingat Penulis Kontroversi Salman Rushdie? Ikuti Webinar Satupena

2022-08-25 | 14.39 WIB Last Updated 2022-08-25T07:39:53Z

Jakarta (WartaMerdeka) – Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena, akan mengadakan diskusi bertema “Salman Rushdie dan Kebebasan Berekspresi.” Penikaman terhadap penulis Salman Rushdie di New York, Amerika Serikat baru-baru ini telah mengangkat kembali polemik soal kebebasan berekspresi.

Obrolan Hati Pena #52 itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 25 Agustus 2022, pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai narasumber adalah pakar studi Islam lulusan Universitas Melbourne, Luthfi Assyaukanie. Pemandu diskusi adalah Elza Peldi Taher dan Amelia Fitriani.

Menurut panitia webinar, di pertengahan Agustus ini, publik dunia dibuat geger dengan penikaman novelis kontroversial Salman Rushdie. Tidak tanggung-tanggung, penulis novel "The Satanic Verses" atau "Ayat-Ayat Setan" itu ditikam berulang kali oleh pria tak dikenal, saat hendak memberikan kuliah umum di Chautauqua Institution.

Penikaman ini membangkitkan kembali memori 33 tahun silam, tepatnya pada 1988. Kala itu, dia difatwa mati oleh pemimpin revolusi Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini, karena novelnya itu dianggap menghina Islam dan Nabi Muhammad. Tragedi ini menimbulkan kembali polemik soal kebebasan berekspresi.

Sejauh mana batas batas hak seseorang untuk berekspresi? Apakah tulisan Salman Rushdhie yang kontroversial itu mencerminkan apa yang disebut kebebasan berekspresi? Apakah penikaman Salman Rusdhie mencederai prinsip kebebasan berekspresi? Bagaimana kasus ini seharusnya disikapi?

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena52. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (dh).

Iklan

×
Berita Terbaru Update