-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

TNI Perlu Miliki Sistem Pertahanan Udara Modern Dan Handal

2022-08-14 | 18.07 WIB Last Updated 2022-08-14T11:08:27Z
Sistem pertahanan udara nasional terpadu terus dibangun
Jakarta (WartaMerdeka) – Tugas yang akan dihadapi TNI di masa depan akan semakin berat dan kompleks, maka TNI perlu membangun pertahanan udara yang modern, handal dan dapat menghadapi berbagai perkembangan ancaman udara pada masa mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Pengkajian Strategis, Penelitian dan Pengembangan (Kapusjianstralitbang) TNI Mayjen TNI Agape Zacharia R. Dondokambey, saat membuka FGD (Focus Group Discussion) tentang Membangun Sistem Pertahanan Udara Menghadapi Perkembangan Ancaman Udara dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI, di Jakarta Pusat (10/8).

Kapusjianstralitbang TNI mengatakan, dihadapkan dinamika perkembangan lingkungan strategis global, ada tantangan besar bagi sistem pertahanan udara TNI. “Tantangan tersebut adalah adanya perkembangan karakteristik ancaman udara saat ini, selain ancaman konvensional kita mengenal adanya ancaman hibryda, sehingga perlu menyesuaikan kemampuan kita dengan kondisi saat ini,” ucapnya.

Diakui oleh Mayjen TNI Agape, untuk pertahanan terpadu atas wilayah udara nasional belum seluruhnya terintegrasi dalam suatu sistem yang baik. “Sehingga operasi pertahanan udara yang mempunyai kesatuan sistem komando, pemusatan kekuatan dan desentralisasi belum diwujudkan secara optimal,” paparnya.

Mayjen TNI Agape Zacharia R. Dodokambey, Kepala Pusat Pengakajian Strategis, Penelitian dan Pengembangan TNI
Pada FGD ini, Kapusjianstralitbang TNI berharap dapat menjawab pokok-pokok permasalahan dari konsep kajian OMP (operasi militer perang) dengan tema Sishanud TNI, sehingga hasilnya dapat bermanfaat dan mendukung dalam pembuatan kajian untuk menghasilkan saran kepada komando atas tentang strategi TNI dalam rangka membangun sistem pertahanan udara.

Dalam FGD kali ini, hadir Kas Koopsudnas Marsda TNI Novyan Samyoga, Ksd Sunjakbang Hanneg Ditjakstrahan Kemhan RI Kolonel Laut (P) Sugeng Suryanto serta Ksd Binsiapsat dan Alutsista Sdirsen, Pussenarhanud TNI AD Kolonel Arh M. Hasyim L (bp).

Iklan

×
Berita Terbaru Update