-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Keren, Formula One Power Boat Digelar Di Danau Toba

2022-09-30 | 14.03 WIB Last Updated 2022-09-30T07:03:54Z
Pesona Danau Toba yang akan menjadi tuan rumah Formula I Power Boat
Jakarta (WartaMerdeka) – Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang balap Formula One Power Boat atau yang dikenal F1H2O untuk pertama kalinya pada 24-26 Februari 2023. Kompetisi kelas dunia ini akan dilangsungkan di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.

F1H2O merupakan kejuaraan dunia Power Boat terkemuka yang telah diselenggarakan di 39 negara sejak 1984. Beberapa negara yang telah menjadi tuan rumah kejuaraan F1H2O, antara lain Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, dan Cina.

Sumut sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di provinsi ini mencapai 258.822 orang. Namun demikian, jumlah ini menurun drastis pada 2021 akibat pandemi Covid-19.

Pemerintah Sumut menargetkan di 2023 jumlah wisatawan mancanegara dapat mencapai 500 ribu orang. Untuk mencapai target ini, sport tourism menjadi program unggulan sehingga dapat semakin banyak menjaring wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumut.

Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) tentunya memerlukan upaya lebih untuk menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara. Terlebih lagi, Pemerintah tengah mendorong kunjungan wisatawan nusantara hingga 1,3 miliar perjalanan pada 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Panjaitan menjelaskan, dengan dipilihnya Danau Toba sebagai lokasi balap F1H2O menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki kemampuan dan juga infrastruktur yang mumpuni untuk menggelar kegiatan kompetisi balap berkelas dunia.
Kementerian/lembaga yang terkait saat launching event
Luhut juga mengungkapkan, event berkelas internasional terbukti dapat mempromosikan destinasi wisata dan memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi daerah tempat destinasi wisata tersebut berada.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney merupakan holding BUMN yang dibentuk untuk sektor pariwisata dan pendukung. Wakil II Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo menyebut, saat ini Injourney ditunjuk sebagai penyelenggara event F1H2O di Danau Toba pada Februari 2023. “Event ini diprediksi akan meraih perhatian sekitar 180 juta impression melalui digital media (termasuk social media dan broadcasting),” jelas Kartika (lw).

Foto: abri/istimewa

Iklan

×
Berita Terbaru Update