-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Webinar Satupena Diskusikan Etika Youtuber Di Ruang Publik

2022-09-15 | 08.26 WIB Last Updated 2022-09-15T02:39:14Z
Jakarta (WartaMerdeka) – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi bertema “Youtuber dan Upaya Merawat Ruang Publik.” Ruang digital memberi kebebasan luas bagi banyak orang untuk mengekspresikan diri. Namun apa jadinya jika itu diisi dengan konten yang justru mengganggu publik.

Obrolan Hati Pena #55 itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 15 September 2022, pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai narasumber adalah Alimatul Qibtiyah, Komisioner Komnas Perempuan. Pemandu diskusi adalah Anick HT dan Amelia Fitriani.

Menurut panitia webinar, isu tersebut baru-baru ini menjadi sorotan, ketika Youtuber wanita bercadar di akun Zavilda TV membuat konten, yang berisi ajakan pada wanita lain untuk menutup aurat dengan mengenakan hijab.

Hal yang mengundang kontroversi adalah cara serta framing yang dilakukan. Seperti dengan menghampiri wanita yang mengenakan pakaian terbuka di tempat publik, atau dengan pemilihan judul berkonotasi negatif dalam konten yang diunggahnya.

Banyak yang mendukung aksinya, namun tidak sedikit juga yang menghujatnya. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apakah etis aksi yang dilakukan oleh Zavilda TV demi konten tersebut? Bagaimana batasan antara menyerukan syiar agama dan toleransi di tempat publik? Sejauh mana batasan kebebasan dalam membuat konten itu harus dijaga agar ruang publik tetap terjaga?

Apakah ada unsur pelanggaran dalam hal hak asasi serta keyakinan dalam konten yang dibuatnya? Diskusi Satupena akan mengelaborasi lebih jauh mengenai isu tersebut.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena55. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (dh).

Iklan

×
Berita Terbaru Update