-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

7 Sanksi FIFA ANCAMAN Atau INTERVENSI ASING ????

2022-10-03 | 09.24 WIB Last Updated 2022-10-14T11:43:02Z

Jakarta (WartaMerdeka) – Sanksi yang dijatuhkan FIFA kemungkinan tidak main-main, yang akan membuat sepak bola Indonesia mengalami kemunduran. Bisa jadi, ancaman sanksi FIFA ini bakal lebih mengerikan dibandingkan, saat sepak bola Indonesia dibekukan FIFA, akibat intervensi pemerintah soal kompetisi.

FIFA Ancam Indonesia Imbas Tragedi Kanjuruhan yang, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg, Wijanto Wijoyo, mengatakan bahwa dari total 754 korban tersebut, sebanyak 132 di antaranya meninggal dunia, 596 orang luka ringan dan sedang, serta 26 lainnya luka berat.. Jika 7 sanksi FIFA diberlakukan maka sangat merugikan sepak bola Indonesia mulai dari pemain, klub, Timnas Indonesia hingga PSSI. 

Tragedi Kerusuhan Sepak Bola Paling Mematikan dalam Sejarah Penggunaan gas airmata yang ditembakkan polisi saat mengamankan penonton di dalam stadion usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya merupakan pelanggaran kode keamanan FIFA (Pasal 19 b). Begini bunyinya: ''Senjata atau gas pengendali massa tidak boleh dibawa atau digunakan.''
Jika pasal ini yang digunakan FIFA untuk menjatuhkan sanksi kepada Indonesia akan sangat mengerikan.

Berikut 7 ancaman sanksi FIFA imbas Tragedi Kanjuruhan: 

1. Seluruh pertandingan liga Indonesia dibekukan 8 tahun. 
Ancaman pertama dari sanksi FIFA yang kemungkinan dijatuhkan adalah seluruh pertandingan Liga Indonesia akan dibekukan selama delapan tahun. 

2. Keanggotaan Indonesia di FIFA dicabut 
Sanksi untuk PSSI dikeluarkan FIFA lewat dokumen FIFA pada 30 Mei 2015 yang ditandatangani Sekjen FIFA Jerome Valcke. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa keanggotaan Indonesia di FIFA dicabut atas hasil rapat Komite Eksekutifnya di Zurich, Swiss. FIFA menjatuhkan sanksi karena menilai pemerintah Indonesia melakukan pelanggaran karena intervensi yang merupakan pelanggaran atas Pasal 13 dan 17 dari Statuta FIFA. 

3. Piala Dunia U-20 di Indonesia akan dibatalkan 
Jatah Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 terancam dibatalkan oleh FIFA dengan alasan keamanan. Indonesia diagendakan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan digelar Piala Dunia U-20 2023, yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

4. Timnas Indonesia dilarang main di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-20 
Ancaman sanksi yang tidak kalah menakutkan adalah pencabutan hak keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia U-2023 dan piala Asia U-20 2023. Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 yang akan digelar 16 Juni-16 juli 2023. 

5. Poin Ranking FIFA Timnas Indonesia dikurangi Poin Timnas Indonesia dikurangi menjadi momok menakutkan yang akan memengaruhi ranking FIFA. Jika itu yang terjadi, Timnas Indonesia yang saat ini menempati 152 dunia kemungkinan bisa turun jauh. 

6. Kompetisi Liga Indonesia tanpa penonton 
Hukuman yang tidak kalah berat adalah kemungkinan larangan menggelar pertandingan tanpa penonton dalam waktu lama. 

7. Klub Indonesia tidak boleh bermain di AFC Cup dan Liga Champions Asia Klub ikut menderita jika hukuman larangan tidak boleh tampil di AFC Cup dan Liga Champions Asia. Artinya peluang klub Indonesia untuk berprestasi tidak akan bisa diraih. 

Dengan prahara yang terjadi di Kanjuruhan, siapa yang patut disalahkan ? PSSI, Panitia Pelaksana tak siapkan Mitigasi, Suporter Arema yang Barbar, Media Siar yang mengejar rating semata, Pihak keamanan yang melakukan tindakan represif atau ada unsur kesengajaan lainnya ?(FMawero)

Foto: Istimewa

Iklan

×
Berita Terbaru Update