-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Satupena Diskusikan Dampak KTT G20 Bagi Ekonomi Indonesia

2022-11-17 | 07.53 WIB Last Updated 2022-11-17T00:53:56Z
Diharapkan KTT G20 gairahkan ekonomi Indonesia
Jakarta (WartaMerdeka) – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang dampak KTT G20 terhadap ekonomi Indonesia. Banyak harapan disematkan pada forum KTT G20 ini.

Obrolan Hati Pena #64 tentang KTT G20 akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 17 November 2022, pukul 19.00-21.00 WIB. Pembicara n Muhammad Akbar F Annahl, dari Researcher Center of Economic and Law Studies (CELIOS). Diskusi akan dipandu oleh Swary Utami Dewi dan Amelia Fitriani.

Menurut panitia webinar, perhelatan KTT G20 di Bali pada November 2022 ini membawa angin segar bagi perekonomian di tanah air, yang mulai bangkit usai diterpa badai Pandemi Covid-19.

Momentum tersebut dapat dimanfaatkan oleh Indonesia sebagai tuan rumah, untuk menjalin serta menjembatani kerja sama ekonomi di tengah situasi geopolitik yang bergejolak.

G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional, yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia, terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

G20 merupakan representasi lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, China, Turki, dan Uni Eropa.
Webinar diadakan malam ini
Pembentukan G20 pada 1999 akibat kekecewaan komunitas internasional terhadap kegagalan G7, dalam mencari solusi terhadap permasalahan perekonomian global yang dihadapi saat itu.

Lantas, dampak ekonomi seperti apa yang bisa dirasakan oleh Indonesia dari perhelatam KTT G20? Bagaimana agar peluang ekonomi bisa dimaksimalkan dalam perhelatan KTT G20 ini?

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena64. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (lw).
Foto: Istimewa

Iklan

×
Berita Terbaru Update