-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

TNI Siapkan Satgas Medis VVIP Di KTT G20

2022-11-14 | 08.54 WIB Last Updated 2022-11-14T01:55:12Z
Satgas Medis VVIP dari TNI ada dari matra udara, laut dan darat
Bali (WartaMerdeka) – Satuan Tugas Medis (Satgas Medis) yang tergabung Komando Gabungan Terpadu Pengamanan Very Very Important Person (Kogabpadpam VVIP) siapkan enam rumah sakit (RS) rujukan yaitu RS Siloam, RS Sanglah Denpasar, RS BIMC Hospital Nusa Dua, RS Tingkat II Udayana, RS Bali Jimbaran dan RS Surya Husada, 348 tenaga dokter spesialis, 107 dokter umum, guna memberikan dukungan medis pada Presidensi G20 di Bali, 15-16 November 2022 mendatang.

Disamping Satgas Medis, TNI kerahkan ribuan prajurit. Total lebih dari 18 ribu personel gabungan terlibat dalam pengamanan Presidensi G20. Dari total 18.030 personel tersebut, TNI mendominasi dengan lebih dari 14 ribu personel tergabung dalam Kogabpadpam VVIP. Sisanya dari kepolisian dan institusi lain, yakni 3.200 dari Polri dan 492 dari institusi lainnya.

Keseluruhan personel TNI tersebut dibagi dalam beberapa satuan tugas, termasuk didalamnya Satgas Medis Kogabpadpam VVIP yang mempunyai tugas pokok yaitu memberikan dukungan kesehatan VVIP dalam rangka pengamanan Presidensi G20 di Bali.

Disamping mengerahkan sebanyak ratusan dokter, Satgas Medis mengerahkan 35 tim mini ICU mobile dan tujuh mini ICU statis yang tersebar di tujuh lokasi tempat acara serta bandara I Gusti Ngurah Rai
Berbagai sarana tambahan untuk mitigasi medis sudah disiapkan
Sarana dan prasarana Satgas Medis selama berlangsungnya KTT G20 berupa sarana evakuasi medis darat, terdiri ambulance transport 12 unit dan 35 unit ambulance mini ICU dan sarana evakuasi medis laut dari KRI dr. Wahidin Sudirohusodo tergabung Satgas Laut serta sarana evakuasi udara, berupa dua unit helikopter evakuasi dan Kontainer Medik Udara (KMU) dari Satgas Udara (bp).

Iklan

×
Berita Terbaru Update