-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Indonesia Siapkan Tenaga Surveyor Hidrografi Handal

2022-12-17 | 06.29 WIB Last Updated 2022-12-16T23:29:33Z
Danpushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat saat menutup pendidikan Tenaga Surveyor
Jakarta (WartaMerdeka) – "Perwujudan Indonesia sebagai poros maritim memerlukan sumber daya manusia yang unggul di bidang hidrografi” kata Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal)  Laksdya TNI Nurhidayat saat menutup Pendidikan Surveyor Hidrografi Cat-B Personel Distrik Navigasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, di Mako Pushidrosal, Ancol Timur Jakarta Utara (15/12).

Pendidikan Surveyor Hidrografi Cat-B di Pushidrosal tersebut berjalan enam bulan dan diikuti 25 Personel Distrik  Navigasi Ditjen Hubla Kemenhub dari berbagai wilayah Indonesia.

Danpushidrosal  menyampaikan,  peningkatan kemampuan Direktorat Kenavigasian dalam mendukung tugas pokoknya telah dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya kerja sama dengan TNI AL dalam hal ini Pushidrosal, melalui peningkatan kompetensi surveyor hidrografi Categori B Standar IHO TA 2022.  

Ditambahkannya, Pendidikan Surveyor Hidrografi Kategori “B” Standar IHO Bagi Personel Kenavigasian, merupakan upaya penyediaan sumber daya manusia yang handal di bidang hidrografi. 

Laksdya TNI Nurhidayat berharap agar ke depan Pushidrosal dan Ditjen Hubla Kemenhub terus meningkatkan kolaborasi di bidang survei hidro-oseanografi dalam rangka peningkatan percepatan data batimetri di seluruh alur pelabuhan indonesia.  

Dalam kegiatan tersebut, ditandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNI AL- Ditjen Hubla Kemenhub, dilakukan oleh Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat sebagai Wakil TNI AL dengan Dirjen Hubla Kemenhub Arif Toha Tjahjagama. 
TNI AL-Dirjen Hubla Kemenhub tingkatkan kerjasama kenavigasian
Kerja sama meliputi, Penyelenggaraan Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi (Surta Hidros), Pertukaran data dan informasi; Distribusi Peta Laut Indonesia dan ENC; Pemanfaatan sarana dan prasarana Surta Hidros; Peningkatan kapasitas dan profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM);  serta Penyusunan dan penyelarasan regulasi terkait peraturan nasional maupun internasional (ma).

Iklan

×
Berita Terbaru Update