-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Satupena Diskusikan Semangat Natal Di Indonesia

2022-12-22 | 17.35 WIB Last Updated 2022-12-22T10:35:07Z
Semangat Natal, menjadi Kristen di Indonesia menjadi topik bahasan
Jakarta (WartaMerdeka) – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang menjadi Kristen di Indonesia, sebagai renungan menyambut Natal, 25 Desember 2022. Obrolan Hati Pena #69 tersebut akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 22 Desember 2022, pukul 19.00-21.00 WIB.

Sebagai pembicara Pdt. Dr. Albertus Patty, MA, M.St, dari GKI Maulana Yusuf Bandung. Diskusi tentang menjadi Kristen di Indonesia itu akan dipandu oleh Anick HT dan Amelia Fitrianii.

Menurut panitia webinar, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 272,23 juta jiwa pada Juni 2021. Dari jumlah tersebut, sebanyak 20,4 juta jiwa (7,49%) penduduk Indonesia yang memeluk agama Kristen. Sementara sebanyak 236,53 juta jiwa (86,88%) beragama Islam.

Tak perlu ditanya lagi apa kontribusi kaum Kristen ini di Indonesia. Bersama kelompok lain, mereka turut mendirikan, mengisi, dan merawat Indonesia sebagai negara besar, negara yang mengayomi setiap jiwa yang hidup di dalamnya, tanpa kecuali.

Pertanyaannya, mudahkah mereka hidup di negeri, di mana jumlah mereka tergolong minoritas? Apakah negeri ini sudah memperlakukan semua pemeluk agama secara setara dan berkeadilan?

Banyaknya kasus penolakan dan penutupan gereja sepanjang sejarah bangsa ini menunjukkan, setidaknya ada yang tidak beres dalam hal ini. Sebut saja kasus Cilegon, di mana tak satupun rumah ibadah non-muslim boleh berdiri di sana.
Sebagai pembicara Pdt. Albertus Patty
Kasus bantuan terhadap korban gempa di Cianjur juga mewarnai media kita belakangan ini, di mana ada kelompok yang mencopot label gereja pada tenda-tenda bantuan. Webinar bisa diikuti di zoom: https:// s.id/hatipena69. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (dh).

Foto: abri/istimewa

Iklan

×
Berita Terbaru Update