-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Ikuti Diskusi Satupena Soal Moderasi Beragama&Kearifan Lokal di Jawa Tengah

2023-01-05 | 06.25 WIB Last Updated 2023-01-04T23:25:38Z
J
Moderasi agama dan kearifan lokal menjadi aset Indonesia
Jakarta (WartaMerdeka) – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang moderasi beragama berbasis kearifan lokal di Jawa Tengah (Jateng). Obrolan Hati Pena #70 ini, diadakan di Jakarta pada Kamis, 5 Januari 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Akan berbicara Taslim Syahlan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng. Diskusi tentang moderasi beragama itu akan dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Fitri Astuti Lestari.

Menurut panitia webinar, kompleksitas kehidupan keagamaan masyarakat Indonesia yang plural dan multikultural memicu munculnya fenomena beragama yang juga beragam. Ada yang ekstrem liberal, ada pula yang ekstrem konversatif.

Oleh karena itu, dibutuhkan kontranarasi moderasi yang diarusutamakan, sehingga konservatisme, ekstremisme, dan liberalisme tidak lagi dianggap sebagai kebenaran belaka. Esensi berbagai ajaran agama adalah moderat dan sangat menekankan upaya merawat harkat dan martabat kemanusiaan.

Jateng memiliki pengalaman empirik mengelola keragaman dan keberagamaan masyarakatnya. Meskipun gesekan dan konflik secara sporadis masih terjadi, kerukunan dan toleransi beragama cukup terjaga.
Taslim Syahlan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng
Nilai-nilai agama yang berakulturasi dan beradaptasi dengan budaya lokal, kekayaan keragaman kearifan lokal, tradisi bermusyawarah, dan budaya gotong royong, sangat kondusif dalam menciptakan kohesi masyarakat yang beragam dari segi budaya, etnis, dan agamanya.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena70. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (dh).

Foto: Istimewa

Iklan

×
Berita Terbaru Update