Home » » Presiden Kunjungi Pengungsi Korban Gempa di Ambon-Maluku

Presiden Kunjungi Pengungsi Korban Gempa di Ambon-Maluku

Posted by WARTA MERDEKA on 2019-10-30

Presiden Jokowi beri penjelasan kepada pengungsi akibat gempa di Maluku Tengah
Ambon (WartaMerdeka) – Presiden Joko Widodo lakukan kunjungan kerja serta meninjau pengungsi dan lokasi bencana gempa bumi di Universitas Darussalam/Unidar Negeri Tulehu Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku (29/10). Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Fadjroel Rahman.

Selain mengunjungi Unidar di Desa Tulehu sebagai pos pengungsian, juga datangi Rumah sakit lapangan, Stand Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB dan melalukan pertemuan terbatas dengan Para Latupati dan Raja serta Tokoh masyarakat yang terdampak Gempa. Presiden mengatakan, saat ini Indonesia sedang dilanda bencana dimana mana, seperti Palu, Papua dan Maluku. Untuk itu Pemerintah akan memberikan Bantuan bagi masyarakat yang terkena musibah.

“Bantuan yang diberikan kepada masyarakat adalah mereka yang mempunyai tempat tinggal yang mengalami kerusakan, mulai dari rusak ringan sebesar 10 Juta Rupiah, rusak sedang 25 Juta dan yang mengalami rusak berat sebesar 50 Juta rupiah. Tetapi masyakat harus bisa bersabar dalam menunggu bantuan tersebut”, ucap Presiden.

“Saya telah menerima laporan dari Gubernur Maluku dan kepala BNPB bahwa akibat Gempa Bumi yang terjadi mengakibatkan 12 ribu lebih rumah yang mengalami kerusakan mulai dari  rusak ringan, sedang hingga rusak berat”, jelas Presiden.

Lebih lanjut Presiden menyampaikan bahwa proses pencairan untuk anggaran dana penanggulan bencana sudah ada, namun harus melalui prosedur untuk mencairkannya. Dan semua dana tersebut akan didistribusikan dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi.

Kunjungan ke Provinsi Maluku, Kota Ambon ini merupakan kunjungan kerja kedua setelah sebelummnya Presiden melakukan kunjungan pertama ke Papua, usai pelantikan (bri).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia