Home » » Menteri Pertanian Syahrul Tekankan Kemandirian Untuk Sejahterakan Petani

Menteri Pertanian Syahrul Tekankan Kemandirian Untuk Sejahterakan Petani

Posted by WARTA MERDEKA on 2019-11-26

Mentan Syahrul (tengah) ajak karyawannya bekerja dengan jujur dan tulus
Jakarta (WartaMerdeka) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta seluruh aparatur di Kementerian Pertanian (Kementan) dan para petugas pertanian di daerah bekerja serius mengoptimalkan potensi sektor pertanian ke depan. "Mulai hari ini dan besok tidak boleh ada kata mundur, yang ada di kepala kita hanya ada kata maju, termasuk dalam segala aktivitas di sektor pertanian," ujar Syahrul di gedung Direktorat Jenderal Prasana dan Sarana Pertanian, Jakarta (25/11).

Selain maju, kata Syahrul, membangun pertanian juga harus dibarengi dengan kejujuran dan ketulusan. Dua sikap itu harus tertanam pada aparatur sipil kementan dalam aktivitas kerja dan kehidupan sehari-hari.


Menurut Syahrul, aparatur di Kementan dan petugas pertanian juga harus terbiasa dengan konsep kemandirian untuk meningkatkan kesejahteraan petani. “Mandiri itu artinya berdulat, mampu menyelesaikan semua persoalan dengan kekuatan yang ada, sehingga kita tidak tergantung kepada orang lain. Termasuk memandirikan pertanian kita agar bangsa kita bisa hidup survival serta memenuhi standart hidup yang baik," jelasnya.


Syahrul menegaskan, kemandirian pertanian harus dilengkapi dengan kemajuan teknologi yang dikontrol langsung oleh SDM unggul dan terampil serta mampu mengikuti tuntutan zaman.

“Makin modern itu artinya kita menggunakan teknologi, alsintan, IT dan menggunakan artificial intelegent untuk memudahkan seluruh pekerjaan kita dimanapun," ucapnya.


Secara khusus, Ditjen PSP diharapkan mampu memetakan seluruh prasarana yang ada dilapangan berbasiskan Komando Strategis Pertanian (Kostra Tani) Dengan kostra tani, semua kebutuhan alsin, diupayakan dapat diprediksi dan mampu dihitung secara baik. “Jadi ke depan tidak ada lagi prasarana dan sarana pertanian yang digulirkan tidak berbasis Kostra Tani. Termasuk kerja pertanian dan kinerja dari alsin atau sarana lain," harapnya (bri).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia