Alat Pengukur Tinggi Gelombang Mudahkan Penelitian Potensi Wilayah Pesisir

APTG hasil kreasi KLHK dengan IPB Jakarta ( WartaMerdeka ) – Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hid...

APTG hasil kreasi KLHK dengan IPB
Jakarta (WartaMerdeka) – Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pustek KLHK-KLHK), bekerja sama dengan tim Kelompok Kerja Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Institut Pertanian Bogor (IPB), berhasil melakukan uji coba Alat Pengukur Tinggi Gelombang (APTG) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono menjelaskan (5/5), “hasil pengukuran dari APTG dapat digunakan untuk menghitung kerapatan mangrove dan dari hasil perhitungan tersebut dapat dipakai mendukung dalam menentukan lokasi kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) pada hutan mangrove.”

Kepala Pustek KLH-KLHK, Gatot Soebiantoro menyebut, uji coba APTG dilakukan pada November 2019, mengukur gelombang pesisir yang datang dari arah laut dan juga gelombang pesisir yang telah melewati hutan mangrove, sehingga dapat diketahui efektifitas hutan mangrove dan kerapatan ideal untuk meredam gelombang pesisir.

"Pada kegiatan ujicoba, dua unit APTG dipasang di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada 27 – 30 November 2019. APTG 1 dipasang di luar hutan mangrove untuk mengukur gelombang pesisir yang datang dari laut. Sedangkan APTG 2 dipasang setelah hutan mangrove untuk mengukur gelombang pesisir yang telah melewati hutan mangrove," tambah Gatot.

Uji coba skala lapangan APTG ini dilakukan selama satu minggu, sehingga cukup didapat data. Dalam uji coba skala lapangan ini, APTG yang terpasang dapat berfungsi dengan baik. Hasil pengukuran dari APTG digunakan untuk menghitung kerapatan mangrove. Perhitungan tersebut dapat digunakan untuk mendukung dalam menentukan lokasi kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan pada hutan mangrove.

Gatot menerangkan, APTG akan menjadi bagian penting mendukung pengelolaan kawasan daerah pesisir dan pantai UPT yang bersangkutan, terutama untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan kegiatan rehabilitasi wilayah pesisir pantai. Menurut Gatot, sudah saatnya teknologi mengawal setiap kegiatan, termasuk menanam, breeding satwa, pemulihan pesisir dan pulau kecil serta pengelolaan kawasan hutan lainnya.

Data gelombang yang didapatkan dari APTG kemudian di analisa untuk menjadi acuan secara science kapan deteksi kondisi aman untuk melaut, kondisi gelombang yang baik untuk menanam, kondisi ombak yang sesuai untuk penyu naik ke darat dan bertelur serta manfaat lainnya dalam pengelolaan kawasan pesisir.

Setelah melalui proses uji coba, Pustek KLH akan mengadakan kegiatan replikasi pemasangan APTG di lokasi lain. Rencananya akan dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL), Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), serta Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) yang memiliki kawasan laut (dh).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Alat Pengukur Tinggi Gelombang Mudahkan Penelitian Potensi Wilayah Pesisir
Alat Pengukur Tinggi Gelombang Mudahkan Penelitian Potensi Wilayah Pesisir
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIRPJ2zCcsGQkmfqw3ZBLJhUQ68attLku9wPRs709k-FI3MLGzJibXZ0Hgb-s2kpdDqrudszZS7yYu64gZGcOWpqAVltdKW_4kI8g_umL3pcfTfh8AvcI3AnD3lJtxyiI4APpC3lVZUQk/s400/APTG+hasil+kreasi+KLHK+dengan+IPB.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIRPJ2zCcsGQkmfqw3ZBLJhUQ68attLku9wPRs709k-FI3MLGzJibXZ0Hgb-s2kpdDqrudszZS7yYu64gZGcOWpqAVltdKW_4kI8g_umL3pcfTfh8AvcI3AnD3lJtxyiI4APpC3lVZUQk/s72-c/APTG+hasil+kreasi+KLHK+dengan+IPB.JPG
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2020/05/alat-pengukur-tinggi-gelombang-mudahkan.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2020/05/alat-pengukur-tinggi-gelombang-mudahkan.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy