loading...
Home » » Meski Anggaran Dikurangi, Kementan Tetap Beri Perhatian Besar ke Petani

Meski Anggaran Dikurangi, Kementan Tetap Beri Perhatian Besar ke Petani

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-06-14

Ditengah situasi krisis Covid-19 dan penguraangan anggaran, Kementan tetap beri perhatian penuh kepada petani
Jakarta (WartaMerdeka) – "Kami setuju dengan cara Pak Mentan (Syahrul Yasin Limpo) dalam menjaga katahanan pangan di tengah pandemi Covid 19 ini. Kita tau harga pangan juga stabil," ujar Anggota Komsisi IV DPR RI Endang S. Thohari saat virtual Agribisnis series 1, beberapa hari lalu. "Komisi IV DPR dibantu dengan Kementan sudah memberikan sembako kepada para petani lewat masing-masing dapil. Bahkan petani mengaku baru pertama kali ada Menteri yang membantu dengan memberikan sembako," tambah Endang.
Di samping itu, Kementan telah memberikan bantuan alat mesin panen dan pascapaen, unit pengolah pupuk organik (UPPO), pengembangan kawasan padi dan jagung, pengembangan perbenihan, pengembangan sayuran serta ternak ruminansia kecil dan besar.
"Kami menaruh perhatian pada program padat karya agar jangkauan wilayah program ini lebih luas dan lebih masif dengan tetap mencakup wilayah irigasi, tadah hujan lahan kering, lebak dan pasangsurut, serta area kebanjiran atau kekeringan sebagaimana direncanakan," sebutnya.
Namun begitu, Endang menilai produksi pertanian akan mengalami kendala besar karena dari sisa anggaran dinilai kurang mencukupi. Seperti diketahui, anggaran 2020 yang awalnya sebesar Rp. 21,055 triliun dipangkas menjadi Rp 14,049 triliun. "Kita ingin melindungi pangan nasional, tetapi anggarannya justru dikurangi. Tentu ini menjadi persoalan tersendiri buat Kementan," kritiknya.
Endang berharap, Kementan terus meningkatkan kerjasama antara kementerian baik dengan Bank BUMN maupun perusahan swasta. Kerjasama ini menajdi penting untuk percepatan program pemerintah dan pemerataan pendapatan serta pengentasan kemiskinan (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia