loading...
Home » » RUPTS Garuda Indonesia Didominasi Upaya Pemulihan Perusahaan

RUPTS Garuda Indonesia Didominasi Upaya Pemulihan Perusahaan

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-06-06

Garuda Indonesia antisipasi dampak pandemi dengan berbagai langkah strategis
Tangerang (WartaMerdeka) – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk di Auditorium Gedung Manajemen Garuda Indonesia, menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dihadiri/diwakili oleh pemegang 23.353.695.782 lembar saham atau 90,2 % persen dari keseluruhan pemegang saham Garuda, Jumat (5/6/2020).


Sesuai dengan protokol penanganan COVID-19 dari pemerintah dan mengacu kepada aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta dalam rangka mengedepankan aspek kehati -hatian pada masa pandemi, RUPST 2020 diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat serta mengoptimalkan system e-proxy yang disediakan oleh Kustodian Sentral Efek, sehingga Pemegang Saham yang tidak hadir secara langsung pada acara RUPST hari ini tetap dapat menggunakan hak suaranya melalui system tersebut sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam POJK 15 tahun 2020.
RUPST Garuda diantaranya membahs, pada tahun kinerja 2019, Garuda Indonesia berhasil membukukan laba bersih sebesar USD 6,98 juta. Capaian laba bersih tersebut sejalan dengan kenaikan pendapatan usaha sebesar 5,59 persen dari pencapaian 2018, yaitu menjadi sebesar USD 4,57 miliar. Adapun di 2019, Perseroan juga berhasil mencatatkan perolehan positif pada laba usaha dengan nilai sebesar USD147,01 juta.
Capaian ini dapat diraih melalui strategi quick wins priority yang dijalankan Perusahaan, yaitu melalui penguatan budaya Perusahaan berbasis People, Process & Technology; Strategi peningkatan pendapatan; serta peninjauan atas struktur biaya Perusahaan.
Garuda Indonesia juga siapkan Langkah Pemulihan Kinerja Memasuki Era New Normal. Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, kunci utama dalam menghadapi era ini adalah adalah menjaga kesinambungan keberlangsungan bisnis Perusahaan dengan tren supply & demand di era new normal. “Efisiensi menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam menghadapi era new normal ini. Mindset bisnis penerbangan juga harus terus berevolusi menyelaraskan dengan realitas kondisi yang ada. Langkah tersebut yang secara bertahap terus kami lakukan mulai dari aspek operasional hingga optimalisasi lini bisnis”.
Garuda Indonesia juga telah melakukan serangkaian upaya pemulihan kinerja Perusahaan yang fokus utamanya adalah memastikan beban operasi bergerak dinamis dengan tantangan kinerja yang ada saat ini, seperti melalui upaya renegosiasi biaya sewa pesawat sekaligus memperpanjang masa sewa pesawat, melakukan renegosiasi kewajiban Perusahaan yang akan jatuh tempo, hingga melakukan program efisiensi biaya  dengan memprioritaskan keselamatan dan layanan penerbangan.
Garuda Indonesia juga melaksanakan optimalisasi lini bisnis kargo melalui pemanfaatan kompartemen penumpang untuk memaksimalkan angkutan kargo, intensifikasi bisnis charter kargo, hingga pengembangan platform layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital “KirimAja". Lebih lanjut, Garuda Indonesia turut mengoptimalkan layanan penerbangan charter khususnya untuk melayani penerbangan repatriasi WNI dari sejumlah negara seperti Jepang, Uni Emirate Arab (UEA), Singapore, Srilanka dan Maldives. Sedsngkan untuk penerbangan repatriasi WNA dilayani kesejumlah negara seperti Brazil, Colombia, Srilanka, Maldives.
Garuda Indonesia menyiapkan berbagai langkah antisipatif pada aspek operasional dan layanan jelang era “The New Normal” dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 diseluruh touch point layanan penerbangan sesuai ketentuan yang diterapkan Gugus Tugas COVID-19 dan otoritas terkait. “Implementasi physical distancing menjadi salah satu prioritas yang kami pastikan terlaksana secara berkesinambungan guna memitigasi risiko penularan pada masa pandemi, disamping upaya lainnya yang dilakukan seperti kebijakan penggunaan masker bagi penumpang dan awak pesawat, penyediaan hand sanitizer diseluruh touch point penumpang, screening dan pemeriksaan kesehatan penumpang pada sebelum dan sesudah melaksanakan penerbangan yang dilakukan bersama otoritas penerbangan terkait,” papar Irvan.
Garuda Indonesia tetap menjalani protokol kebersihan dan perawatan armada yang semakin komprehensif melalui prosedur prolong inspection guna memastikan airworthiness aircraft quality tetap terjaga,serta menjalankan prosedur sterilisasi (disinfeksi) armada yang menyeluruh, pengecekan dan penggantian berkala sistem filtrasi udara di kabin pesawat (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia