loading...
Home » » Danlanud Sam Ratulangi Hormati Keteladanan Sam Ratulangi

Danlanud Sam Ratulangi Hormati Keteladanan Sam Ratulangi

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-07-19

Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram ziarah ke makam Pahlawan Nasional Sam Ratulangi 
Manado (WartaMerdeka) – Ziarah ke makam seseorang yang kita anggap memiliki keteladanan dan dihormati semasa hidupnya, merupakan suatu tindakan yang baik, guna mengambil pelajaran berharga. Demikian juga yang dilakukan Kolonel Pnb Abram R.A. Tumanduk, di masa awal kepemimpinannya sebagai Komandan Pangkalan Udara/Danlanud Sam Ratulangi, ia memberi prioritas untuk ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J "Sam" Ratulangi, beberapa hari lalu.

Saat ziarah, Kolonel Abram mengajak beberapa stafnya. Danlanud sangat mengidolakan Pahlawan Nasional yang asli Minahasa ini, Dr. G.S.S.J "Sam" Ratulangi, yang dinilai salah satu pendiri Persatuan Cendekiawan Indonesia (Vereniging van Indonesische Academici) pada 1932, sekaligus  Gubernur Sulawesi pertama, serta dan termasuk anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang menghasilkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. Tak heran, DR. Sam Ratulangi juga adalah salah satu Pahlawan Nasional yang ikut merumuskan Pancasila.
Sam Ratulangi memiliki filosofi sangat bagus, Si Tou Timou Tumou Tou, yang terkenal luas oleh masyarakat Minahasa dan kini pesan bijak tersebut ditaruh di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, sehingga siapapun yang ingin terbang akan membacanya. “Artinya adalah Manusia Hidup Untuk Menghidupkan Manusia Lainnya. Ini berarti, keberadaan kita adalah untuk menjadi bermakna dan bermanfaat bagi keluarga, satuan serta bangsa dan Negara,” jelas Danlanud. 
Lebih lanjut dikatakan, manusia harus dapat saling mengerti, saling memahami, dan menghidupkan serta memanusiakan sesamanya. “Hal ini menjadi motivasi bagi orang Minahasa, khususnya bagi saya pribadi. Itulah sebabnya saat menjabat Komandan Lanud Sam Ratulangi yang baru, saya berkeinginan untuk berziarah kesini,” tambahnya. Sam Ratulangi adalah contoh dari sifat rela berkorban untuk nusa dan bangsa, demi memanusiakan manusia yang lainnya pada masa penjajahan. 
Danlanud Sam Ratulangi usai ziarah meninjau Landasan Pacu Kalawiran dan Tasuka yang berada di wilayah Kecamatan Kakas,  Minahasa. Sekaligus memeriksa Pos Jaga, serta aset lahan TNI AU yang luasnya kurang lebih 25 Hektar (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia