Kemenko Marves Genjot Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan

Jakarta (WartaMerdeka) – Dalam rangka meningkatkan indeks konsumsi ikan dalam negeri, Kemenko Maritim dan Investasi/Marves melaksanakan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo). Penandatanganan dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Safri Burhanuddin.

Pemerintah genjot usaha nelayan dengan berbagai insentif di masa pandemi
Jakarta (WartaMerdeka) – Dalam rangka meningkatkan indeks konsumsi ikan dalam negeri, Kemenko Maritim dan Investasi/Marves melaksanakan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo).

Penandatanganan dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Safri Burhanuddin.

“Kemenko Marves menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) tentang Koordinasi Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan pada. Hal itu guna meningkatkan pemasaran produk kelautan dan perikanan sekaligus untuk menumbuhkan pelaku UMKM yang menjual hasil tangkapan nelayan dengan menjadi mitra outlet Sahabat Gemarikan.id,” ucap Safri (01/09).

Safri menjelaskan, tujuan program ini untuk memberi akses pemasaran hasil tangkap nelayan yang selama pandemi menurun drastis akibat berkurangnya pasar ekspor. Di sisi lain, masyarakat perkotaan mengalami perlambatan ekonomi dan penurunan daya beli sehingga program ini diharapkan mampu menyediakan produk kelautan dan perikanan dengan harga yang lebih murah bahkan menjadi sumber pendapatan bagi nelayan.

“Dalam hal ini Perum Perindo akan menjadi off taker / standby buyer nelayan binaan program Satu Juta Nelayan Berdaulat yang saat ini sudah ada di Sukabumi dan Natuna untuk kemudian memproses, menyimpan serta mendistribusi ke outlet Sahabat Gemarikan.id. Saat ini telah terdaftar 40 outlet Sahabat Gemarikan.id di jabodetabek,” papar Safri.

Selain Perum Perindo, pemerintah juga bekerja sama dengan BNI dan fishOn, startup berbasis teknologi memfokuskan diri pada pemberian akses modal untuk nelayan, informasi posisi ikan melalui android dan platform lelang ikan online yang mendorong demokratisasi harga di tingkat nelayan.

Kemenko Marves juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM yang di mana mereka telah berkomitmen untuk membina dan membantu koperasi nelayan yang telah terbentuk di beberapa desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Untuk BNI akan mendukung akses permodalan bagi mitra outlet Sahabat Gemarikan, menyiapkan Agen46 binaan BNI untuk menjadi bagian outlet Sahabat Gemarikan dengan potensi 187.000 Agen46 di seluruh Indonesia, serta membantu permodalan Perum Perindo untuk menyerap seluruh hasil tangkap nelayan Program Satu Juta Nelayan Berdaulat,” tambah Safri.

Diharapkan dengan adanya Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama serta platform SahabatGemarikan.id dan outlet SahabatGemarikan ini, lanjut Deputi Safri, dapat menjadikan wujud kongkret program pemerintah dalam upaya untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) dengan menumbuhkan UMKM baru terutama di tengah pandemi Covid19 melalui outlet sahabat gemarikan, menyalurkan bantuan pemerintah dalam bentuk modal melalui KUR dan Program Kemitraan BNI, menyediakan produk kelautan dan perikanan dengan harga yang lebih murah karena langsung dari nelayan binaan program Satu Juta Nelayan Berdaulat (ma).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Kemenko Marves Genjot Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan
Kemenko Marves Genjot Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan
Jakarta (WartaMerdeka) – Dalam rangka meningkatkan indeks konsumsi ikan dalam negeri, Kemenko Maritim dan Investasi/Marves melaksanakan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo). Penandatanganan dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Safri Burhanuddin.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfN-a1y97vBAMElktEQ4sf9fbPiKgEyIGN4ycrNtRUadxfM8UjGECLj1bRI7LgpVRXPjImoOTNOU1vnZv2DOt62fcw1VLA62VPp_kJ422KtqorYBypjmHofnf7ZrT7KFbMPZSibQcDKSQ/s400/PHOTO-2020-09-01-18-21-04.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfN-a1y97vBAMElktEQ4sf9fbPiKgEyIGN4ycrNtRUadxfM8UjGECLj1bRI7LgpVRXPjImoOTNOU1vnZv2DOt62fcw1VLA62VPp_kJ422KtqorYBypjmHofnf7ZrT7KFbMPZSibQcDKSQ/s72-c/PHOTO-2020-09-01-18-21-04.jpg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2020/09/kemenko-marves-genjot-pemasaran-produk.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2020/09/kemenko-marves-genjot-pemasaran-produk.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy