loading...
Home » » Pangdam XVIII/Kasuari: Saya Bangga Kalian Punya Motto ‘Setia, Tangguh, Berhasil’

Pangdam XVIII/Kasuari: Saya Bangga Kalian Punya Motto ‘Setia, Tangguh, Berhasil’

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-09-26

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen I Nyoman Cantiasa menggunakan atribut adat Papua Barat 
Manokwari (WartaMerdeka) – “Saya bangga dengan kalian. Mulai dari penyambutan, hormat jajar, yel-yel, itu menunjukkan kalian adalah prajurit yang hebat walaupun satuanmu, batalyonmu baru berdiri. Kita sebagai prajurit, dalam membangun suatu satuan itu yang paling adalah Sumber Daya Manusia, selanjutnya sarana dan prasarana,” ucap Pangdam XVIII/Kasuari I Nyoman Cantiasa, saat bertatap muka dengan Prajurit Batalyon Infantri 761/Kibibor Akinting, di Distrik Warware, Manokwari, Papua Barat (25/9).

“Saya minta kalian kompak. Jaga persatuan dan kesatuan, dukung Komandan Batalyonmu, dukung Komandan Kompimu, dukung Komandan Peletonmu. Saya bangga kalian punya motto ‘Setia, Tangguh, Berhasil’. Tunjukkan itu dalam pelaksanaan tugasmu,” jelas Pangdam, yang juga dipertontonkan operasi penanganan gangguan keamanan, diperagakan Prajurit Yonif 761/KA dengan melibatkan dua unit Pansen Anoa. Selanjutnya Pangdam memberikan Jam Panglima dan arahan kepada ratusan Prajurit 761 di lapangan upacara batalyon.
“Tujuan saya datang kesini karena saya ingin melihat kalian secara langsung, melihat pangkalan (markas) kalian yang ternyata luar biasa indah, dibelakangnya ada gunung. Itu bisa jadi medan atau tempat latihan. Luar biasa, tidak usah jauh-jauh, kalian bisa latihan di belakang, sudah ada tempatnya disitu yang satuan satuan lain tidak punya. Mereka harus naik kendaraan dulu untuk berlatih, sedangkan kalian tidak perlu pergi jauh-jauh, tinggal ‘balik kanan’ maka kalian bisa latihan,” pujinya.
“Saya sudah ke berbagai negara di dunia, Eropa, Amerika, Australia dan melihat prajurit mereka. Saya sudah melihat pasukan-pasukan luar negeri dan di dalam negeri Indonesia dari Barat ke Timur.  Saya pernah menjadi Kasdam di Kodam XVII/Cenderawasih dan hari ini saya menjadi Panglima di Kodam Kasuari. Saya bisa melihat bagaimana prajurit itu yang hebat, bagaimana prajurit itu semangat, bagaimana prajurit yang betul-betul bisa diandalkan di satuannya, dan itu kalian miliki semua, terima kasih,” tegas Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, disambut gemuruhnya tepukan ratusan Prajurit Kibibor Akinting.
Melihat sebagian Prajurit Yonif 761/KA sudah memiliki kualifikasi Raider, maka Pangdam berpesan agar mereka terus memelihara kemampuan  dan kecakapan yang dimiliki dan membaginya kepada yang belum Raider. “Untuk menjadi Prajurit Raider, kalian telah dilatih oleh pasukan khusus (Komando Pasukan Khusus/Kopassus), sehingga ilmu dan kemampuan kalian sebagian sudah Pasukan Khusus. Jadi kemampuan ini jangan kalian kecewakan, jangan dihilangkan, dan harus ditularkan kepada prajurit lainnya yang belum menempuh pendidikan Raider,” pesan Jenderal bintang dua mantan Komandan Jenderal Kopassus (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia