loading...
Home » » Pariwisata Kaltim Berbenah Melalui “Derawan Rebound”

Pariwisata Kaltim Berbenah Melalui “Derawan Rebound”

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-09-18

Pemulihan daerah wisata berdasar protokol kesehatan sesuai dengan arah Presiden
Berau/Kaltim (WartaMerdeka) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya di destinasi wisata yang ada di Kepulauan Derawan lewat program “Derawan Rebound”.

Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf/Baparekraf Wawan Gunawan dalam keterangannya (17/9), menyatakan, ini bertujuan untuk sosialisasi kepada masyarakat, terutama pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif/parekraf di Kepulauan Derawan mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) di masa adaptasi kebiasaan baru.
“Program Derawan Rebound menjadi salah satu upaya Kemenparekraf/Baparekraf untuk pemulihan destinasi wisata agar siap kembali dikunjungi dan dinikmati wisatawan dengan penerapkan protokol kesehatan,” ujar Wawan. Pelaku parekraf merupakan ujung tombak pengembangan pariwisata di daerahnya, sehingga mesti memahami dan menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE.
Selain itu, “pengembangan destinasi perlu dukungan yang kuat dan komitmen kepala daerah yang tinggi serta keseriusan pemerintah daerah untuk mengelola dan mengembangkan destinasi pariwisata dengan melibatkan berbagai sektor, agar memiliki banyak dukungan baik kebijakan maupun pendanaan, tambah Wawan.
Program “Derawan Rebound” mendapat sambutan baik dari Wakil Bupati Kabupaten Berau, Agus Tamtomo. “Saya berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menginisiasi program “Derawan Rebound”, memberikan bantuan-bantuan alat dan perlengkapan yang berhubungan dengan protokol kesehatan. Paling tidak bantuan ini memberikan ide kepada pengelola pariwisata terutama di Pulau Derawan terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan untuk meyakinkan wisatawan datang ke Pulau Derawan,” ungkap Agus.
Acara ini dilaksanakan di Pantai Kiani (17/9), diikuti 100 peserta yang merupakan perwakilan dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Derawan, dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Berau, Agus Tamtomo, dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Berau, Masrani, pelaku parekraf dan warga sekitar (pn/ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia