loading...
Home » » Surabaya Creative Network Kembangkan Sektor Ekonomi Kreatif

Surabaya Creative Network Kembangkan Sektor Ekonomi Kreatif

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-01-30

Kemenparekraf ajak SCN kembangkan potensi generasi mileneal dan Z di ekonomi kreatif

Bali
 (WartaMerdeka) – Surabaya Creative Network (SCN) ini akan menjadi mitra kita, sebagai co-creator, co-fasilitator, dan co-kolaborator untuk mengembangkan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno, dalam acara Urun Rembung Surabaya, dilakukan secara hybrid, dari Politeknik Pariwisata Bali (29/1).

SCN merupakan creative_hub atau kumpulan ekosistem industri kreatif yang telah memiliki 220 jejaring di kabupaten/kota di Surabaya, bertujuan untuk mendorong berbagai potensi di industri ekonomi kreatif. Sandiaga mengajak SCN berencana mengadakan suatu event dalam 30 hari ke depan, seperti dialog masif bersama 220 jejaring SCN secara hybrid.

“Sehingga saya bisa menampung bukan hanya aspirasi, melainkan pada saat yang bersamaan menggeliatkan creative cities ini. Cities ini menjadi unstoppable, karena semakin banyak generasi milenial dan generasi Z kita yang akan menggantungkan penghidupannya di sektor ekonomi kreatif, terutama di urban area,” jelas Sandiaga.

Berdasarkan Sensus Penduduk 2020, sebanyak 53 persen atau sekitar 90 juta orang dari penduduk Indonesia di dominasi oleh kaum milenial dan generasi Z. Oleh karena itu, generasi milenial dan Z ini juga merupakan bagian dari ekosistem ekonomi kreatif yang dapat memberikan kontirbusi.

“Ada 30 lebih kabupaten/kota. Jadi, saya ingin creative center ini hadir di seluruh wilayah Jawa Timur dan wilayah Indonesia,” sambungnya. Sandiaga menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk bersama mengembangkan program Milenial Job Center.

“Hal ini merupakan cikal bakal generasi milenial yang kita harapkan dapat memulihkan pandemi dan keterlambatan perekonomian, serta menciptakan lapangan kerja dan membangun suatu peluang agar kita menjadi pemenang,” ungkap Menparekraf (vh/lw)

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia