loading...
Home » » Satgas Garuda Amankan Mortir Aktif Di Daerah Blue Line

Satgas Garuda Amankan Mortir Aktif Di Daerah Blue Line

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-03-16

TNI yang tergabung Satgas Yonmek XXIII-O/Unifil saat amankan mortar di Lebanon
Lebanon
 (WartaMerdeka) – Satgas Garuda yang sedang menjalankan misi perdamaian dunia dibawah  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Lebanon, temukan sebuah mortir aktif berdaya ledak tinggi dengan status Unexploded Ordnance (UXO), diduga sisa konflik pada 2006 lalu.

Komandan Kontingen Garuda (Dansatgas Konga) Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar menyampaikan, mortar ditemukan anggotanya, Tim 7 Kompi Alfa Satgas Yonmek XXIII-O/United Nation Interim Force In Lebanon (UNIFIL) di Area Of Responsibility (AoR) Kompi Alfa UNP 9-63 (15/3).

Tim 7 Alfa yang dipimpin Sertu Gunarto sedang melaksanakan tugas rutin penjagaan dan pemantauan di sekitar Blue Line secara berkala. Saat melakukan melaksanakan pembersihan di BP-34, tanpa sengaja menemukan UXO di koordinat Indobatt in utm 736167 3680309. Lokasi tersebut kemudian diamankan, dibantu dibantu Batalyon, guna sterilisasi area radius 300 meter menghindari masyarakat yang melintas. Sedangkan evakuasi dan pengamanan mortir dilakukan oleh tentara Lebanon.

Dansatgas Yonmek XXIII-O/UNIFIL, mengucapkan terima kasih kepada segenap personel satgas atas penemuan UXO untuk yang pertama kalinya. "Hal ini menunjukkan kalau di daerah operasi benar-benar rawan. Oleh karenanya kita patut bersyukur para prajurit dapat disiplin dan fokus dalam menjalankan tugas," ungkapnya (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia