loading...
Home » » Taman Tebing Breksi Diperkuat Potensi Atraksi

Taman Tebing Breksi Diperkuat Potensi Atraksi

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-05-22

Menparekraf kunjungi Tebing Breksi yang dahulu eks Tambang kini menjadi kawasan wisata
Sleman/DIY
 (WartaMerdeka) – “Karena destinasi eks tambang itu juga menjadi favorit di beberapa belahan dunia. Jadi, kita ingin Taman Tebing Breksi ini bisa memperlihatkan otentisitas atau keaslian apa yang Tebing Breksi punya. Yang bisa kita kemas dan kita jadikan konten. Terutama narasi yang berkaitan dengan story telling. Sehingga hal ini dapat memperkuat daya tarik wisata Tebing Breksi itu sendiri,” ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (20/5).

Saat ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sandiaga mengunjungi Taman Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman, DIY.  Taman Tebing Breksi ini dikembangkan sejak 2015. Menariknya dari destinasi ini, kata Sandiaga, adalah upaya satu reposisi dan transformasi, dari sebuah kawasan tambang yang semula industri ekstraktif menjadi daerah pariwisata. Dan dari data yang ada, ternyata pendapatan asli daerah (PAD) dari Tebing Breksi lebih banyak ketika menjadi kawasan pariwisata, dari pada sewaktu masih tambang.

"Berarti kalau kita mengelola sebuah destinasi dengan pendekatan alam dan budaya, berdasarkan pariwisata berkelanjutan, ternyata bisa menghadirkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, data yang kami dapatkan juga bahwa di Kecamatan Prambanan ini semenjak pariwisata itu ditingkatkan, kemiskinan turun dari 16 persen menjadi 11 persen. Jadi saya semakin yakin bahwa pariwisata ini adalah faktor yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena membuka lapangan kerja," jelasnya.

Kuncinya adalah bagaimana meningkatkan keterampilan dan harus terus berinovasi menghasilkan ide dan gagasan yang terbarukan. "Tadi sudah ada beberapa ide-ide mengenai the light and sound show, atau mungkin virtual reality (VR), atau 3D yang bisa kita kembangkan ke depan. Mudah-mudahan dengan kunjungan kami ke sini Insya Allah destinasi wisata Tebing Breksi ini akan kembali menjadi favorit dan tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," papar Menparekraf.

Sementara Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menuturkan, di masa pandemi COVID-19 kunjungan wisatawan ke Tebing Breksi menurun signifikan. “Sebelum pandemi, kunjungan wisatawan ke Tebing Breksi bisa sampai 5.000 sampai 10.000 perhari. Sekarang kurang lebih 500 perhari. Semoga masyarakat Indonesia bisa datang ke Tebing Breksi untuk menikmati keindahan alam yang ada," kisahnya.

"Kunjungan ini menjadi suatu dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan pariwisata khususnya di Tebing Breksi ini. Dengan kehadiran Menparekraf, diharapkan nanti bisa meningkatkan kunjungan wisatawan," aku Bupati.

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia