Presiden: Tunjukkan Kepada Dunia Kalau Bali Aman

Jakarta (WartaMerdeka) – "Kami dapat meyakini kalau Bali aman untuk dikunjungi yang tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang

Presiden Jokowi memuji ajang PKB ke-43 sebagai simbol kebangkitan parekraf Bali
Jakarta (WartaMerdeka) – "Kami dapat meyakini kalau Bali aman untuk dikunjungi yang tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat,” kata Presiden Jokowi, dalam keterangannya di acara Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-43, dilaksanakan 12 Juni hingga 10 Juli 2021 (19/6).

Presiden menegaskan, kunci utama dari pemulihan ekonomi Bali ialah  penerapan prokes yang ketat dan disiplin. Sejalan dengan itu, Presiden meminta vaksinasi dilakukan secara cepat dan masif, serta PPKM mikro berbasis banjar dan desa adat di Bali harus diefektifkan untuk mencegah penularan.

“Kita tunjukkan pada dunia bahwa Bali adalah destinasi wisata yang sangat aman untuk dikunjungi,” tegasnya. Presiden juga mengapresiasi pelaksanaan PKB ke-43 yang melibatkan ribuan seniman dari berbagai komunitas dengan prokes ketat dan terukur tersebut menjadi bukti, pandemi COVID-19 ini tidaklah menjadi penghalang bagi masyarakat Bali untuk tetap berkreasi.

Terlebih lagi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf)  di Indonesia, khususnya di Bali tengah mengalami masa sulit. “Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-43 ini merupakan bukti bahwa dalam tekanan pandemi sangat berat, kreativitas dan produktivitas masyarakat Bali tetap tumbuh dan tampil dengan cara-cara baru untuk terus mewarnai panggung seni dunia," terang Presiden.

Selain itu, Presiden menilai tema “Purna Jiwa: Prananing Wana Kerthi” di ajang PKB ke-43 adalah pilihan tepat di masa pandemi. Menurutnya, lewat tema berarti jiwa yang paripurna merupakan napas pohon kehidupan, masyarakat perlu membuka kembali dan mempelajari warisan-warisan susastra yang mengingatkan datangnya wabah dan mengajarkan kita bagaimana cara mencegah serta beradaptasi untuk menghadapi pandemi COVID-19 ini.

“Saya juga mengapresiasi pilihan tema yang mengajak pemuliaan flora fauna dan seluruh keragaman hayati, menebarkan semangat konservasi, serta hidup harmoni dengan alam untuk penyembuhan peradaban dari pandemi,” puji Presiden.

Sementara Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menambahkan PKB yang sudah terlaksana selama 43 tahun lamanya merupakan suatu perhelatan sarat akan nilai sejarah dan budaya Bali. Acara ini, lanjut Sandiaga, juga menjadi motivasi bagi masyarakat Bali untuk bangkit dari kesulitan yang tengah dialami akibat pandemi COVID-19.

“Pesta kesenian di Bali ini secara filosofis juga menjadi media dan sarana membangkitkan semangat kita, memotivasi masyarakat untuk menggali, menemukan, dan menampilkan seni budaya serta meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, membuka peluang usaha, dan lapangan pekerjaan,” ungkap Sandiaga.

Bali simbol perhatian dunia, sehingga perlu ditunjukkan suasana aman dan nyaman di masa pandemi
Gubernur Bali, I Wayan Koster menyebut, PKB ke-43 diisi sejumlah agenda kegiatan. Di antaranya rekasadana (pegelaran, utsawa (parade), wimbakara (lomba), kandarupa (pameran, kriyaloka (lokakarya), widyatula (sarasehan), dan adi sewaka nugraha (penghargaan pengabdi seni).

"PKB kali ini juga disertai dengan Pameran IKM (Industri Kecil dan Menengah) Bali Bangkit yang dikoordinir Dekranasda Provinsi Bali. Pameran ini menampilkan capaian karya seni kerajinan terbaik sebagai perwujudan pesta budaya yang dapat menyejahterakan krama Bali," jelas Koster.

Seluruh kegiatan PKB kali ini digelar dalam ruangan tertutup di beberapa lokasi di kawasan Art Centre Denpasar. Yakni Ksirarnawa, Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, dan Wantilan Art Centre (ma/js).


WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Presiden: Tunjukkan Kepada Dunia Kalau Bali Aman
Presiden: Tunjukkan Kepada Dunia Kalau Bali Aman
Jakarta (WartaMerdeka) – "Kami dapat meyakini kalau Bali aman untuk dikunjungi yang tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqz4H9qhWA3VLIFeOEAT5NWKMYG_JlWswZdGqzhMSChLlN1KPWl6M7ctx2kYylxHJ9mjaXRxM8ZyqlZq0Of7dNfJu4AYYmiCQE_ofMoVe_tJDCXxcU2_3h2bsSO4vfpo0Mvfet1KFrc3E/w400-h266/jokowi_pkb1.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqz4H9qhWA3VLIFeOEAT5NWKMYG_JlWswZdGqzhMSChLlN1KPWl6M7ctx2kYylxHJ9mjaXRxM8ZyqlZq0Of7dNfJu4AYYmiCQE_ofMoVe_tJDCXxcU2_3h2bsSO4vfpo0Mvfet1KFrc3E/s72-w400-c-h266/jokowi_pkb1.jpeg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/06/presiden-tunjukkan-kepada-dunia-kalau.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/06/presiden-tunjukkan-kepada-dunia-kalau.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy