Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak pelaku usaha ekonomi kreatif (ek
Tantangan berat di masa pandemi jangan surutkan semangat pelaku ekraf untuk berkarya |
"Jadi pelaku ekonomi kreatif ini bukan hanya memasarkan produknya melalui online saja, Tapi mereka harus meningkatkan keterampilan mereka untuk menciptakan konten-konten kreatif di platform digital yang mereka gunakan," ujar Menparekraf Sandiaga saat live Instagram bersama Marshel Widianto dalam acara Block For NGANTRI/Ngobrol dengan Mas Menteri (11/7).
Sandiaga menyampaikan, Kemenparekraf telah menyusun sejumlah strategi, mulai dari bantuan permodalan hingga pelatihan keterampilan, khususnya digitalisasi UMKM yang meliputi penjualan online hingga pembuatan konten kreatif. Sebab, konten kreatif diyakini dapat menjadi sarana promosi strategis untuk meningkatkan sekaligus memasarkan berbagai produk ekraf.
Kemenparekraf terus cermati perkembangan pelaku usaha ekraf |
Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan pandemi COVID-19 turut berandil besar dalam perkembangan ekraf nasional, khusus e-commerce. Meskipun, kondisi pandemi itu juga memicu krisis ekonomi bangsa. Berdasarkan data Focus Economy Outlook 2020, ekraf justru menyumbang sebesar Rp1.100 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sepanjang 2020.
Sementara itu, pelawak tunggal yang juga aktor dan pembawa acara Marshel Widianto menyebut, untuk berani membuat konten kreatif, seseorang harus perkaya referensi, agar karyanya lebih bermutu. "Luangkan waktu untuk belajar dari mana saja, pelajari, amati, dan tuangkan ke produk kita," saran Marshel (lw/js).