loading...
Home » » Bakamla RI Terima Hibah Tanah Dari Pemerintah Kabupaten Natuna

Bakamla RI Terima Hibah Tanah Dari Pemerintah Kabupaten Natuna

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-08-24

Untuk menjaga keamanan lautnya, Pemkab Natuna dukung peran Bakamla dengan hibahkan tanah
Jakarta (WartaMerdeka) – Bakamla RI menerima sebidang tanah 2 Ha, berlokasii di Selat Lampa dan 1.000 m2 di Ranai dari Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (20/8). Penyerahan tanah tersebut secara lisan diutarakan Bupati Natuna Wan Siswandi, pada pertemuan secara daring kepada Kepala Biro Sarpras Bakamla Laksma Bakamla Supriatno, disaksikan peserta undangan virtual lainnya.

Laksma Bakamla Supriatno mengatakan sangat berterima kasih atas perhatian dari Pemerintah Kabupaten Natuna yang telah mendukung keberadaan Bakamla RI dalam menjalankan tugasnya sebagai patroli keamanan dan keselamatan laut di perbatasan dengan dihibahkannya lahan seluas 2 Ha dan 1.000 m2.

“Secara administrasi, dokumen hibah akan dilengkapi dan besar harapan pada September 2021 dapat melaksanakan Nota Kesepahaman Hibah antara Bakamla dengan Kabupaten Natuna,” jelas Laksma Bakamla Supriatno.

Kepala Biro Sarpras Bakamla Laksma Bakamla Supriatno
Dikemukakan pula oleh Laksma Bakamla Supriatno, hibah lahan 2 Ha akan dibangun Pangkalan Armada sedangkan lahan 1.000 m2 untuk  Sistem Peringatan Dini (SPD). Pembangunan Pangkalan Armada dan SPD di Natuna selaras dengan kebijakan pemerintah dalam upaya menjaga keamanan wilayah perairan Natuna dari ancaman kedaulatan wilayah NKRI serta melindungi nelayan lokal dalam mencari ikan.

Secara garis besar, SPD yang akan dibangun Bakamla memiliki kemampuan dengan deteksi hingga perairan ZEE 200 NM dan landas kontinen 350 NM. Sensor dapat mendeteksi kapal besar maupun kecil. “Kemudian, dapat mengidentifikasi jenis tipe ukuran kapal dalam kondisi AIS on atau AIS off,”  jelas Laksma Bakamla Supriatno (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia