loading...
Home » » KLHK Beri Penghargaan Pemenang Lomba dan Apresiasi Teladan Wana Lestari

KLHK Beri Penghargaan Pemenang Lomba dan Apresiasi Teladan Wana Lestari

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-08-21

Lomba ini memacu kreatifitas para pegiat lingkungan hidup dan kehutanan untuk terus berkarya
Jakarta (WartaMerdeka) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan bagi Pemenang Lomba dan Apresiasi Wana Lestari 2021 di Jakarta, diselenggarakan secara virtual melalui telekonferensi, (19/8).

Lomba Wana Lestari digelar sebagai suatu metode penyuluhan yang menilai prestasi perorangan, kelompok atau aparatur pemerintah dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat di bidang LHK. Sedangkan Apresiasi Wana Lestari merupakan penilaian prestasi yang dicapai berdasarkan inisiatif dan partisipasi dalam pelaksanaan tugas di bidang LHK.

“Saya mengharapkan para peraih penghargaan senantiasa bekerja cerdas, mampu mengembangkan inisiatif, meningkatkan kompetensi, memperluas dan meningkatkan kualitas karya nyata di bidang masing-masing. Kemudian, teruslah menumbuh kembangkan jejaring kerja, berkolaborasi serta bersinergi dengan berbagai pihak dalam mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di tingkat tapak,” ucap Menteri LHK Siti Nurbaya.

Pada 2021, terdapat 8 kategori Lomba Wana Lestari, serta  4 kategori Apresiasi Wana Lestari. Para pemenang dan teladan Lomba Wana Lestari sebanyak 33 pihak dengan rincian sebagai berikut:

(1) Penyuluh Kehutanan PNS (PK PNS), 6 orang;

(2) Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), 6 orang;

(3) Kelompok Tani Hutan (KTH), 6 kelompok;

(4) Kader Konservasi Alam (KKA), 3 orang;

(5) Kelompok Pencinta Alam (KPA), 3 kelompok;

(6) Pemegang Ijin Usaha Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm), 3 pengelola;

(7) Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD), 3 pengelola;

(8) Pengelola Hutan Adat, 3 pengelola;

 

Para penerima apresiasi Wana Lestari sebanyak 12 orang dengan rincian sebagai berikut:

(1) Polisi Kehutanan (POLHUT), 3 orang;

(2) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), 3 orang;

(3) Manggala Agni, 3 orang;

(4) Masyarakat Peduli Api (MPA), 3 orang;

Kedepan, tambah Siti, aspek penilaian Lomba dan Apresiasi Wana Lestari untuk segera disiapkan pengembangan kategori keteladanan pada aspek-aspek Penyuluhan lingkungan, Inovasi teknologi tepat guna, Digitalisasi, Inovasi teknologi pemulihan lingkungan dan Kelompok ekoriparian, kelompok pemulihan pasca tambang rakyat, kelompok mangrove, kelompok gambut dan lainnya yang relevan dapat menjadi contoh dan replikasi bagi kemajuan pembangunan lingkungan dan kehutanan dan bekolaborasi dengan Badan restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dan sebagainya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM), Kementerian LHK, Helmi Basalamah dalam laporannya kepada Menteri LHK menyampaikan bahwa, pemberian penghargaan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Lomba dan Pemberian Apresiasi Wana Lestari Tahun 2021 yang sempat ditiadakan pada 2020.

Menteri LHK Sit Nurbaya
Lomba ini telah menggerakan semangat para penggiat bidang LHK di tingkat grass root yang mencapai personil sebanyak 2.842 Penyuluh Kehutanan PNS, 5.394 Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, 25.200 Kelompok Tani Hutan, 2.500-an Kelompok Pencinta Alam, 47.000-an Kader Konservasi Alam, 1.888 pemegang izin Hutan Kemasyarakatan melibatkan 225.541 Kepala Keluarga (KK), 1.129 pemegang izin Hutan Desa melibatkan 513.198 KK, 80 Masyarakat Hukum Adat (MHA) dengan 39.371 KK, 2.908 POLHUT, 207 PPNS, 1.875 personil Manggala Agni serta 11.000-an Masyarakat Peduli Api (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia