loading...
Home » » Kasau Hadiri Simposium Para Kepala Staf Angkatan Udara Di Hawai

Kasau Hadiri Simposium Para Kepala Staf Angkatan Udara Di Hawai

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-09-04

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo
Hawai/AS
  (WartaMerdeka) – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menghadiri Pacific Air Chief Symposium (PACS)  2021,diselenggarakan di Joint Base Hickam Airforce Base, Pearl Harbour, Hawaii, Amerika Serikat (1/9).

Simposium dibuka secara resmi oleh Commander Of Pacific Air Forces, General Kenneth S. Wilbach dan diikuti para Komandan dan  sejumlah Kepala Staf Angkatan Udara dari 19 negara di kawasan Pasifik, termasuk diantaranya Chief of Staff of The USAF, General Charles Q Brown.

Dalam PACS 2021, ada Table Top Exercise yang mensimulasikan operasi kemanusiaan atau Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR) oleh beberapa Angkatan Udara di kawasan Indo-Pasifik. Dalam skenarionya, terjadinya bencana alam badai tropis parah di Pulau Duyfken. Simulasi penanganannya dilakukan oleh seluruh peserta, dibagi dalam empat tim, dimana setiap tim terdiri dari lima negara.

Kasau tergabung dalam Tim Oahu, bersama dengan Chief of The Royal Australian Air Force , Air Marshal Mel Hupfeld, Vice of Chief of Staff of the France Air and Space Force , Liutenant General Frederic Parisot, dan Assitant of C-in C of the Royal Thai Air Force , Air Chief Marshal Dejudom Kongsri.

Seluruh tim ikut simulasi penanganan bencana alam dan bantuan kemanusian melalui dua sesi. Sesi pertama, semua peserta bekerjasama untuk menentukan tindakan paling tepat dalam penanganannya. Di sesi kedua, para peserta bergabung dengan timnya masing-masing, menyiapkan resolusi penanganan bencana paling optimal, sesuai dengan peranan tim yang telah ditentukan oleh pemandu latihan.

Setelah menghasilkan rumusan resolusi yang paling tepat dalam penanganan bencana alam dan bantuan kemanusiaan tersebut, setiap tim memaparkannya dihadapan seluruh peserta symposium dan diakhiri dengan diskusi, serta tanya jawab.

Pacific Air Chief Symposium dihadiri 19 negara di kawasan Pasifik
Disamping itut, ada acara Senior Enlisted Leaders Symposium diikuti oleh salah seorang prajurit TNI AU, Sersan Mayor Sandi Ardhian Buana Kusuma yang kesehariannya berdinas di Sathar 12 Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara, Bandung.

Para peserra berkesempatan mengunjungi Asia-Pacific Center for Security Studies(APCSS) untuk berdiskusi terkait perkembangan lingkungan strategis terkini.  Adapun Marsekal TNI Fadjar Prasetyo  merupakan alumni APCSS Executive Course pada 2007 (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia