loading...
Home » » Pushidrosal Gelar Pelatihan Survei Bidang Nautika

Pushidrosal Gelar Pelatihan Survei Bidang Nautika

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-11-26

Pelatihan surta hidros bidang nautika diikuti 10 prajurit Pushidrosal
Jakarta (WartaMerdeka) – Pusat Hidrografi-Osenaografi TNI AL (Pushidrosal) gelar pelatihan Pengolahan data Survei dan Pemetaan (Surta) bidang Nautika di Laboratorium Bahasa Pushidrosal Lantai II, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara (26/11).

Pelatihan rencananya digelar selama 5 hari terhitung 26 November-2 Desember  2021, dibuka Asisten Personel (Aspers) Danpushidrosal Kolonel Laut (P) B. Dwiadji Gultom, diikuti 10 personel mewakili Unit Survei, KRI dan Satker terkait.

Aspers Danpushidrosal menjelaskan, rangkaian kegiatan survei dan pemetaan Hidro-Oseanografi (Surta Hidros) oleh Pushidrosal meliputi pengambilan data di lapangan, pengolahan data.dan pembuatan peta serta buku-buku nautika. Salah satunya tentang olah data terdiri dari data hidrografi, oseanografi, meteorologi serta kenautikaan.

Pelatihan diperuntukkan bagi personel baru di lingkungan Pushidrosal. Yaitu personel yang baru selesai ikut pendidikan pembentukan (Diktuk) maupun pendidikan pengembangan (Dikbang) seperti STTAL Hidros, Dikspespa Hidros dan Dikba Hidros.

“Kegiatan teori, pengolahan data pada area survei yang meliputi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBPN) baik karakteristiknya dan posisi pada peta lautnya, daerah kedangkalan, kerangka kapal, instalasi bangunan bawah laut serta kawasan yang telah masuk zona (zona latihan militer, kawasan konservasi dan lain-lain). 

Aspers Danpushidrosal Kol Laut (P) Dwiaji Gultom membuka pelatihan
IAdapun tujuan pelatihan agar peserta dapat melaksanakan pengolahan data kenautikaan hasil surta hidros dengan metodologi yang berlaku di Pushidrosal. Peserta juga dapat menganalisa hasil pengolahan data kenautikaan dalam rangka informasi keselamatan di laut. Terakhir, mampu mengolah data nautika hasil surta hidros dalam penyediaan data dan informasi kenautikaan guna mendukung operasi Pushidrosal.

Ada lima instruktur dalam pelatihan ini, dipimpin Mayor Laut (P) Dhony Agies, yang sehari-hari menjabat Kasubdis Infonautika Dinas Nautika Pushidrosal (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia