-->

Notification

×

Indeks Berita

Terkena Badai, Kapal Warga Australia Diselamatkan TNI AL Di Jambi

2022-04-04 | 17.44 WIB Last Updated 2022-04-04T10:47:42Z
Personil Lanal Palembang bersama kedua warga negara Australia
Palembang
 (WartaMerdeka) – Prajurit Pangkalan TNI AL/Lanal Palembang berhasil menyelamatkan kapal asing Yatch berpenumpang warga negara Australia yang terkena badai saat berlayar di alur Perairan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi (3/4).

"Bintara Potmar Lanal Palembang bersama KSOP Jambi berhasil melaksanakan pandu dan evakuasi terhadap kapal asing tersebut lalu bersama nelayan langsung menuju alur untuk melakukan SAR, sementara itu pihak KSOP juga berusaha memandu kapal asing tersebut agar masuk alur Nipah Panjang," kata Komandan Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko.

Seluruh penumpang dalam kondisi selamat, dan sementara lego jangkar di Pos Binpotmar Nipah Panjang. Setelah diselamatkan, diperoleh data kapal jenis Yacht Sun Trek, bendera Thailand, penumpang dua orang warga negara Australia, Tonage 16.32 GT, tujuan berwisata ke Australia dengan rute Pattaya-Batam-Dabo Singkep-Jakarta-Semarang-Surabaya-Timor Leste- Papua-Australia.

Sedangkan pengawak nahkoda Mr. Troy James Wild dan ABK Blake James Wild (anak dari Mr. Troy James Wild), warga negara Australia. Info diterima Danlanal Palembang, awalnya pada Minggu pukul 09.57 WIB, Koordinator wilayah  Binpotmar (Pembina Potensi Maritim) Nipah Panjang Peltu Mes Melfry dan Serma Mes Bambang Jumadi mendapat laporan dari nelayan ada kapal asing terkena angin badai di laut dan berusaha berlindung dengan masuk ke alur Perairan Nipah Panjang.

Peltu Mes Melfry dan Serma Mes Bambang Jumadi segera melaporkan ke Komando Atas dan  koordinasi melalui voice radio kepada KSOP Jambi untuk memandu dan evakuasi kepada kapal asing tersebut. Bersama nelayan, mereka langsung menuju alur untuk melakukan SAR, sementara itu pihak KSOP juga berusaha memandu kapal asing tersebut agar masuk alur Nipah Panjang.

“Ini merupakan langkah antisipatif yang cepat dari jajaran Lanal Palembang bersinergi dengan KSOP untuk mengatasi kejadian yang dapat berakibat jatuhnya korban jiwa jika tidak secara cepat dan tepat mengambil langkah” papar Danlanal Palembang.

Warga asing ini juga mendapat bantuan makanan
Langkah penyelamatan ini, lanjut Danlanal, :sebagai implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar melibatkan segala potensi yang ada baik personel maupun alutsista untuk kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR" (bp).

×
Berita Terbaru Update