-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Jelang F1 H2O, Kawasan Toba Ditata

2022-10-16 | 09.46 WIB Last Updated 2022-10-16T02:46:47Z
Menko Luhut bersama kementerian/lembaga terkait rakor persiapan F1H2O
Toba/Sumut (WartaMerdeka) – Menjelang ajang Formula One Powerboat World Championship (F1 H2O), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) gelar rapat koordinasi terkait kesiapan. Hingga saat ini, F1 H2O telah mencapai tahapan penataan kawasan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menjadi penanggung jawab dalam hal penataan kawasan ini yang juga dibantu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba. "Nilai indeks pariwisata berkualitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba paling rendah dibanding DPSP lain. Untuk itu F1 H2O dapat menjadi alat meningkatkan indeks pariwisata berkualitas ini," papar Luhut (14/10).

F1 H2O akan diselenggarakan pada 24 - 26 Februari 2023. Tapi memang masih ada berbagai kendala infrastruktur dasar seperti air dan jalan akses menuju lokasi. Untuk itu, Luhut memberikan beberapa arahan. Pertama, Pemkab Toba agar dapat menyelesaikan pembebasan lahan sempadan dan penataan kawasan Pelabuhan Balige pada November minggu ke-3 2022.

Lalu, KemenPUPR agar menyelesaikan penataan Lapangan Sisingamangaraja pada minggu pertama November 2022. Hal lainnya, yaitu Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), InJourney, dan Pemkab Toba agar menyiapkan program-program pemanfaatan dan pengelolaan lokasi F1H2O sebagai lokus pengembangan olahraga dan aktivitas komersial.

Hadir dalam rapat ini secara langsung, yaitu Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly turut menyampaikan kesiapannya untuk mendukung acara F1 H2O. "Dari kami siap dukung pak, terutama terkait sistematika imigrasi yang nantinya memudahkan atlet, kru, dan official dari F1 H2O, termasuk pelayanan visa on arrival," ungkap Yasonna (ma).

Iklan

×
Berita Terbaru Update