-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Penjaga Teritorial Sungai Mahakam !!!!

2022-10-17 | 13.10 WIB Last Updated 2022-10-17T06:40:57Z
Jakarta (WartaMerdeka) – Pesut Mahakam merupakan satu-satunya jenis lumba-lumba air tawar di Indonesia yang habitat alaminya berada di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Berdasarkan beberapa kajian, jumlah populasi pesut Mahakam kurang lebih dari puluhan ekor saat ini.

Memang belum ada data populasi yang pasti. Namun dari akumulasi perjumpaan dan jumlah setiap perjumpaan, diperkirakan populasi pesut di perairan Kubu Raya dan Kayong Utara lebih dari 30 individu pesut dengan warna hitam, abu-abu, dan putih.

2 Pesut Mahakam
Pesut Mahakam adalah karnivora yang memakan ikan, moluska dan hewan krustasea. Hewan ini memiliki umur yang cukup panjang, yakni dapat hidup hingga usia 28 tahun. Bahkan, ada pula yang sanggup hidup hingga usia 30 tahun!

Kenapa di indonesia tepatnya di sungai mahakam kok malah terancam punah? itu akibat ulah oknum-oknum tak bertanggung jawab yang memburu ikan ini. Selain itu juga akibat lalu lalang transportasi di sungai mahakam, terus tingginya erosi dan pendangkalan sungai akibat pengelolaan hutan disekitarnya.(FMawero)

Foto: Istimewa

Iklan

×
Berita Terbaru Update