-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

PALAGA Gelar Aksi Sosial Di Tanjung Pasir

2022-11-26 | 21.18 WIB Last Updated 2022-11-26T14:18:10Z
Membagi sembako bagian dari aksi sosial Palaga
Jakarta (WartaMerdeka) – Alumni Sepamilwa ABRI Gelombang I TA 1992/1993 (Palaga) gelar sejumlah aksi sosial atau karya bakti dengan menanam ratusan pohon Mangrove di Pantai Tanjung Pasir dan membagi ratusan paket sembako kepada masyarakat Desa Tanjung Pasir, Tangerang, Banten (26/11).

“Kegiatan ini sebagai wujud ucapan syukur karena alumni Palaga telah memasuki pengabdiannya kepada bangsa dan negara yang ke- 30 tahun,” ujar Ketua Panitia Reuni 30 Tahun Sepamilwa ABRI TA 1992/1993 Letnan Kolonel CPM I Putu Berata Wiguna.

Wujud syukur tersebut dengan melakukan beberapa kegiatan seperti penanaman pohon mangrove dan membagi paket sembako kepada warga Tanjung Pasir Teluk Naga. Selain itu, ada sunatan massal. Intinya, sumbangsih Palaga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan sedikit meringankan beban warga yang memang membutuhkan.

Pohon mangrove menjadi salah satu pilihan aksi sosial, karena fungsinya besar bagi kehidupan manusia, yaitu menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai, penyerap gas karbon dioksida, penghasil oksigen dan menjadi tempat hidup biota laut.

Hutan mangrove juga bermanfaat untuk membuat air laut menjadi bersih, memelihara kehidupan padang lamun, terumbu karang, menjaga pinggir pantai dari erosi, membuat rantai makanan di ekosistem laut dan sekitarnya, tempat berlindungnya ikan-ikan kecil dan banyak manfaat lainnya dari pohon mangrove.

Palaga juga berterima kasih kepada Ibu Dewi perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang membantu bibit pohon mangrove dan menyiapkan lahan untuk menanam. Adapun paket sembako yang dibagi berupa beras, minyak goreng, gula, kopi, teh, ikan kaleng, kecap dan makanan ringan lainnya.
Menanam mangrove untuk menjaga kelestarian lingkungan masyarakat pesisir
Ikatan Alumni Sepamilwa ABRI Gelombang I TA 1992/1993 terdiri dari matra darat laut dan udara, dibentuk sebagai wadah mempererat jalinan silaturrahmi dan mengembangkan rasa kebersamaan, persaudaraan dan tolong menolong antara sesama alumni beserta keluarganya, serta membangun komitmen bersama untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara (lw).

Iklan

×
Berita Terbaru Update